fish chips
Categories:

5 Resep membuat Fish Chips

Fish Chips merupakan salah satu camilan ringan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain dapat dikonsumsi secara langsung sebagai makanan ringan, Chips juga bisa dijadikan lauk tambahan untuk santapan berbagai menu. Bahkan di beberapa hidangan, chips dijadikan lauk pendamping yang wajib ada. Seperti pada hidangan ketoprak, pecel sayur, nasi uduk, dan lain sebagainya.

Saat ini sudah terdapat berbagai macam olahan chips. Mulai dari chips sayur, chips buah, hingga fish chips. Masing-masing jenisnya memiliki rasa khas tersendiri yang menjadi keunggulannya. Dari semua jenis keripik, dapat dikatakan keripik ikan memiliki cita rasa berbeda dibandingkan yang lainnya. Dalam hal ini, fish chips mempunyai rasa lebih gurih dan renyah. Hal ini tidak lain karena daging ikan sendiri yang sudah gurih dan teksturnya yang lembut sehingga renyah ketika digoreng.

Tidak heran, banyak masyarakat yang menyukai Fish Chips sebagai salah satu camilan untuk dikonsumsi sehari – hari. Fish Chips ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko camilan atau oleh-oleh khas daerah. Selain itu, Anda juga bisa membuat keripik ikan sendiri di rumah. Saat ini sudah terdapat berbagai macam dan cara membuat keripik ikan gurih yang tidak kalah lezat seperti produk yang dijual di pasaran.

Bagi yang penasaran, bisa mencoba salah satu dari beberapa cara membuat fish chips gurih berikut. Ini bisa menjadi camilan favorit yang bisa disantap bersama keluarga atau teman saat sedang berkumpul. Berikut beberapa cara membuat fish chips gurih, renyah, dan mudah Anda praktikkan.

1. Fish Chips Tongkol

Bahan:

  • 1600 gram tepung tapioka
  • 1-2 kg daging ikan tongkol (dihaluskan)
  • 2 sendok makan garam
  • 10 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 sendok teh ketumbar halus
  • 1 sendok teh soda kue
  • 600 gram gula pasir
  • 10 butir telur
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Fish Chips Tongkol:

  1. Langkah pertama cara membuat kerupuk ikan tongkol ini dengan mencampurkan semua bahan dan aduklah hingga rata.
  2. Uleni adonan tersebut hingga kalis dan tidak lengket, dan lebih baik menggunakan tangan.
  3. Bungkus adonan dengan daun pisang dengan bentuk memanjang dan kukus kurang lebih selama 2 – 3 jam sampai adonan terlihat matang.
  4. Angkat adonan tersebut dan dinginkan, kemudian irislah tipis-tipis dan jemur 2 – 3 hari.
  5. Siapkan minyak goreng dengan api sedang kemudian goreng adonan yang telah mengering tersebut hingga terlihat merekah dan tiriskan.
  6. Simpan dalam toples dan keripik ikan siap dinikmati.

5. Fish Chips Lele

Bahan:

  • 500 gr ikan lele segar
  • 250 gr tepung sagu
  • 2 btr telur ayam
  • 6 siung bawang merah, haluskan
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Fish Chips Lele:

  1. Kukus ikan lele, tidak perlu sampai matang betul. Yang penting daging ikan sudah cukup lunak dan gampang dipisahkan dari tulang/duri-durinya. Pisahkan semua daging ikan lele dari tulangnya kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Pindahkan ke dalam wadah, masukkan telur, bawang merah halus, bawang putih halus, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata.
  4. Atur tekstur adonan, jika adonan terlalu kaku maka tambahkan air seperlunya. Tekstur adonan kira-kira seperti tekstur adonan nugget atau adonan mendoan, lembek namun tidak encer.
  5. Masukkan adonan ke dalam plastik yang memiliki diameter kecil namun memanjang. Seperti plastik yang digunakan untuk membuat es mambo atau es potong. Ikat ujungnya agar adonan tidak keluar.
  6. Kukus adonan yang telah dimasukkan ke dalam plastik selama kurang lebih 15-20 menit. Atau hingga adonan di dalamnya menggumpal dan mengeras. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Keluarkan adonan yang sudah keras dari plastik. Potong-potong/iris adonan menggunakan pisau dengan ketebalan kira-kira 1-2 milimeter. Usahakan jangan terlalu tebal, atau perkirakan saja ketebalannya seperti keripik mentah pada umumnya.
  8. Jemur keripik ikan lele mentah di terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, barulah kemudian keripik siap digoreng.
  9. Untuk menggorengnya, goreng biasa seperti menggoreng keripik pada umumnya. Panaskan minyak, kemudian masukkan keripik lele mentah dan goreng hingga mengembang. Angkat dan tiriskan.
  10. Keripik ikan lele yang gurih kini siap dinikmati.

– Arjuna Citra Indonesia –