Categories:

Apa Saja Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan?

Alpukat merupakan buah hijau dengan tekstur lembut yang tumbuh di iklim hangat. Manfaat kesehatan dari alpukat sangat banyak, termasuk meningkatkan pencernaan, mengurangi risiko depresi, dan perlindungan terhadap kanker.

Alpukat juga dikenal sebagai buah mentega, yang serbaguna dan satu-satunya buah yang menyediakan sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Alpukat diakui sebagai makanan padat nutrisi alami dan mengandung hampir 20 vitamin dan mineral.

Mengingat kandungan nutrisinya yang tinggi sangat dianjurkan bagi kamu baik yang sedang menjalani program diet maupun tidak untuk rajin mengonsumsi alpukat.

Apa saja sih khasiat alpukat untuk kesehatan ? Simak uraian berikut ini.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sudah menjadi rahasia umum bila mengonsumsi alpukat dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Hal ini tak lain karena alpukat memiliki kadar lemak tak jenuh yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol darah dalam tubuh.

Jika kadar kolesterol darah stabil makan secara otomatis hal tersebut akan menjauhkan kamu dari risiko beragam penyakit termasuk juga penyakit jantung.

2. Cegah Kanker

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa buah alpukat memiliki khasiat dapat membantu mencegah kanker. Manfaat alpukat di sini bekerja dengan mengurangi efek samping dari proses kemoterapi pada limfosit. Bahkan, ektra alpukat juga terbukti dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Folat sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Asupan yang memadai dari alpukat dapat mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat mengonsumsi alpukat yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengatasi morning sickness, mempertahankan kadar kolesterol, meringankan keram kaki, membantu penyerapan nutrisi dan meningkatkan perkembangan otak pada janin.

Baca juga : Makanan Untuk Kesehatan Pencernaan 

4. Turunkan Kolesterol

Para peneliti di Penn State Universitas menemukan bahwa mengonsumsi satu buah alpukat dalam sehari dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL.

Kolesterol ini seringkali menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan stroke atau serangan jantung.

5. Menyehatkan Kulit

Rajin mengonsumsi alpukat secara teratur dapat membawa dampak baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dan lecithin di dalam alpukat akan melembapkan kulit kamu secara alami.

Selain melembapkan kulit mengonsumsi alpukat juga dapat bermanfaat untuk memudarkan kantung mata yang menghitam, mencegah kerutan, mencegah kulit berminyak dan mencegah jerawat.

6. Menurunkan Tingkat Stres

Daging tebal dari buah alpukat yang lezat mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal dan potassium. Kedua bahan tersebut merupakan nutrisi yang tepat untuk menangkal stress dan depresi.

Dalam sebuah penelitian besar yang dilakukan selama sebelas tahun di Spanyol, relawan yang gemar makan alpukat memperkecil risiko depresi.

Kemudian para ilmuwan juga sepakat bahwa semua itu adalah asal lemak tak jenuh tunggal pada alpukat dapat memperbaiki suasana hati.

7. Bagus untuk Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua phytochemical yang terkonsentrasi di jaringan mata. Zat-zat tersebut memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalisir kerusakan, termasuk dari sinar ultraviolet.

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan bermanfaat yang larut dalam lemak lainnya, seperti beta-karoten. Menambahkan alpukat ke dalam makanan dapat membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

 

Sekian informasi tentang khasiat alpukat untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua.