kerpik pisang gurih
Categories:

Bikin Keripik Pisang Gurih

bikin Keripik Pisang Gurih

 Keripik pisang gurih

ialah makanan yang terbuat dari olahan Pisang  yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan ditambahkan aroma bawang yang gurih. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh daerah Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatra. Ada pula hidangan sejenis kripik pisang yang serupa di beberapa daerah Asia.

Keripik pisang merupakan satu-satunya produk olahan pisang yang memiliki perdagangan internasional yang signifikan. Pengekspor utama keripik pisang di seluruh dunia adalah Filipina. Pasar ekspor keripik pisang juga sudah ada di Thailand dan Indonesia.

Sebelum kalian Mengetahui Cara bikin keripik pisang gurih, mari kita simak manfaat buah pisang

Memakan pisang apa saja manfaat nya ?

  • Pisang perlancar metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

  • Menyehatkan tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi

  • Untuk merawat kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Baca Juga : Keripik Batang Brokoli, Simak Cara pembuatan Nya

  • Baik bagi kesehatan otak

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, di dalam pisang terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kandungan ini ternyata sangat baik bagi kesehatan otak, khususnya dalam membuat fungsinya meningkat. Kita pun akan lebih baik dalam berpikir, berkonsentrasi, dan mengingat.

Selain itu, di dalam pisang juga tinggi kandungan magnesium. Kandungan ini bisa membuat fungsi otak semakin meningkat karena akan membuat sel-sel di antara otak bisa saling berkirim sinyal dengan lebih baik. Magnesium juga akan memastikan reseptor n-methyl-d-aspartate (NMDA) yang bisa membuat perkembangan otak pada anak-anak semakin maksimal. Hal ini juga akan membuat kemampuan belajar dan daya ingat meningkat dengan drastis.

Bagaimana cara bikin keripik pisang gurih dan renyah

kalian hanya membutuhkan tiga bahan untuk membuat keripik pisang gurih yaitu, pisang, minyak, dan garam. Jenis pisang yang bisa digunakan untuk bikin keripik ialah pisang ambon atau pisang raja bulu. Irisan pisang yang sudah digoreng dan ditiriskan bisa langsung dicampur dengan garam halus untuk menambah rasa gurihnya.

Resep keripik pisang

Bahan:

  • 1 kg pisang ambon atau pisang raja bulu
  • 120 gr garam halus
  • Minyak untuk menggoreng

Cara pembuatan keripik pisang  gurih:

  • Kupas kulit pisang, lalu iris tipis daging buahnya.
  •  Goreng pisang dalam minyak panas selama lima menit. Angkat, tiriskan.
  •  Campur keripik pisang dengan garam halus hingga merata
  • Lalu siap dihidangkan atau dikemas.

Bagaimana?, mudah sekali cara bikin keripik pisang gurih, dengan adanya resep keripik pisang ini, semoga memudahkan kalian untuk membuat nya, setelah itu keripik pisang siap disajikan untuk dimakan bersama sama

Ayo kunjugi youtube kami : arjuna citra indonesia

-Arjuna Citra Indonesia-