Categories:

Cara Melawan Rasa Lapar

Cara melawan rasa lapar

Pada dasarnya, setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah mengendalikan nafsu makan, namun tak sedikit pula yang kesulitan menahannya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh metabolisme dan aktivitas fisik sehari-hari.

Nafsu makan yang sulit dikendalikan bisa membuat seseorang lebih banyak ngemil atau makan berlebihan. Jika dibiarkan berkepanjangan, hal tersebut dapat berakibat pada meningkatnya berat badan, bahkan hingga obesitas. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Sulit menahan nafsu makan juga bisa membuat diet sukses sulit tercapai.

Sulit menahan nafsu makan bisa saja disebabkan oleh kebiasaan makan sehari-hari, misalnya sering makan terlalu cepat atau makan sambil melakukan aktivitas lain. Namun, selain faktor kebiasaan, nafsu makan yang sulit ditahan juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya, yaitu:

  • Pola makan yang kurang baik, misalnya pola makan tinggi gula dan karbohidrat namun rendah serat, protein, dan lemak sehat.
  • Faktor genetik.
  • Masalah psikologis, stres, dan gangguan cemas.
  • Gangguan makan, misalnya binge eating disorder.
  • Kurang tidur.
  • Penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipoglikemia, dan gangguan tiroid.
  • Efek samping obat-obatan, seperti kortikosteroid, dan antidepresan.

Berikut ini adalah cara melawan rasa lapar :

1. Makan Makanan Berprotein

Sudah makan satu porsi, tapi masih merasa lapar? Coba ingat-ingat apa yang teman-teman makan!

Mungkin teman-teman terlalu banyak makan karbohidrat dan sedikit protein.

Memang, apa hubungannya?

Jika kita makan makanan berprotein tinggi, pencernaan memerlukan waktu lebih lama untuk mencernanya.

Dengan begitu, energi dan rasa kenyang yang kita dapatkan dari protein akan bertahan lebih lama.

Namun, jika kita mengonsumsi banyak karbohidrat, rasa lapar akan lebih cepat datang.

Selain itu, kebanyakan mengonsumsi karbohidrat juga bisa membuat kita cepat lelah dan mengantuk, apalagi jika dikonsumsi di siang hari.

2. Minum Air Lebih Banyak

Rasa lapar juga bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi.

Jika Teman-teman merasa lapar, minumlah segelas air terlebih dahulu sebelum makan.

Jika rasa laparmu hilang, maka tandanya kita hanya kekurangan cairan.

Namun, jika Teman-teman masih merasa lapar setelah minum, tandanya kita benar-benar lapar dan membutuhkan makanan.

O iya, agar rasa laparmu tidak cepat kambuh, usahakan untuk minum air putih setiap jam.

Teman-teman mungkin bertanya, kenapa harus minum air putih setiap jam?

Kebiasaan minum air setiap jam itu bisa mencegah kita mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Selain itu, air putih juga bisa menjauhkan kita dari kehausan dan kekurangan cairan.

3. Lebih Banyak Bergerak

Selama ini, kita selalu berpikir bahwa banyak bergerak itu bisa membuat lapar, sedangkan sedikit bergerak bisa mengurangi lapar.

Padahal, jika kita lebih sering bergerak, keinginan untuk makan akan berkurang.

Bergerak secara aktif juga bisa membantu memperbaiki metabolisme. Metabolisme yang baik tidak akan membuat kita cepat lapar.

4. Makan Sedikit Sebanyak Lima Kali

Ada beberapa orang yang tidak bisa mengatasi rasa laparnya, kecuali dengan makan satu porsi makanan pokok.

Jika sudah begitu, ada cara ampuh, nih. Caranya, makan sebanyak lima kali tapi dalam porsi yang kecil.

Saat teman-teman lapar, usahakan untuk makan seperlunya saja.

Jangan pernah makan hingga dua kali apalagi dalam porsi yang besar.

Kenapa? Karena hal itu akan membuat usus kita membesar dan membuat kita harus makan dalam porsi yang besar setiap kali makan.

Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya kita menambah jam makan menjadi lima kali.

Namun, porsi makannya dikurang jadi setengahnya.

Dengan begitu, keinginan untuk makan yang berlebihan bisa dikurangi secara perlahan.

5. Berolahraga secara teratur

Saat tubuh baru menjalani aktivitas fisik atau olahraga, maka biasa nafsu makan memang sedikit meningkat. Namun, jika dilakukan secara rutin, olahraga justru terlihat dapat membantu tubuh untuk menahan nafsu makan.

Rutin berolahraga dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa cara mengatasi lapar yang terus datang. Selamat mencoba!

Artikel ini telah dipost pada aci-agro.id dengan judul “Cara Melawan Rasa Lapar” dengan permalink https://aci-agro.id/blog/cara-melawan-rasa-lapar/