keripik anggur
Categories:

Cara Membuat Keripik Anggur

keripik anggur

Cara membuat keripik anggur

keripik anggur

Berikut langkah-langkahnya, seperti :

1. Bersihkan makanan yang akan dikeringkan. Buang biji, lubang, dan setiap bagian makanan yang yang berserat keras juga bagian yang telah rusak.

2. Rebus buah-buahan dan sayuran untuk menghentikan proses enzimatik dan membunuh organisme yang dapat menyebabkan pembusukan. Waktu perebusan berbeda, tergantung jenis sayuran dan buah-buahan yang digunakan.

3. Untuk mencegah perubahan warna dari buah-buahan, celupkan ke dalam larutan air dan asam askorbat. Anda juga bisa menggunakan campuran jus lemon dan air.

4. Iris tipis buah dan sayuran. Beberapa buah-buahan, seperti aprikot, dapat dibagi dua. Atur irisan dalam satu lapisan pada rak atau loyang kue.

5. Panaskan oven dengan suhu terendah, sekira 60 derajat Celsius. Jika suhu terendah oven Anda tidak mencapai suhu tersebut, maka gunakan suhu maksimal 75 derajat Celsius. Pasang pintu oven secara tidak rapat dengan keadaan tersangga sekira dua hingga tiga inci dengan handuk dapur yang dilipat. Tujuannya, mengeluarkan kelembapan.

6. Keringkan buah-buahan dan sayuran sesuai petunjuk waktu. Pastikan sesekali membalikkannya agar kering sempurna.

7. Setelah didinginkan, simpan buah-buahan dan sayuran kering di wadah tertutup rapat, steril, dan telah dicuci bersih. Kocok botol yang berisi buah di dalamnya setiap hari selama sepekan atau dua pekan pertama dan lihat kelembapan makanan. Jika terdapat tanda-tanda kelembapan di dalam toples, maka keringkan kembali di dalam oven.

8. Simpan makanan kering di tempat kering, gelap, dan dingin. Semakin dingin tempat penyimpanan, daya tahan makanan kering semakin lama.

baca juga : membuat keripik nangka

Manfaat anggur merah untuk kesehatan

Besarnya khasiat anggur merah untuk kesehatan tubuh kita tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dilansir dari WebMD, nutrisi yang terkandung pada buah anggur merah meliputi:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Potasium
  • Serat
  • Karbohidrat

Nah, ini dia macam-macam manfaat anggur merah yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan imun tubuh

Vitamin C yang terkandung pada buah anggur merah membuatnya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh kalau kamu mengonsumsinya secara rutin.

2. Mencegah kanker

Anggur merah juga diperkaya oleh kandungan zat antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari yang namanya penyakit kanker!

3. Menurunkan tekanan darah

Anggur merah adalah buah yang kandungan sodiumnya rendah. Ini menjadikan buah tersebut juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat anggur merah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencegah penyakit jantung. Pasalnya, buah anggur merah mengandung potasium dalam jumlah banyak.

Dilansir dari Cleveland Clinic, sebuah penelitian mengungkapkan kalau potasium dapat mencegah penyakit jantung.

5. Menurunkan kolesterol

Sementara itu, kandungan serat pada buah ini diklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Nah, kolesterol memang sangat berbahaya buat tubuh, lho karena bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

6. Mencegah diabetes

Khasiat anggur merah lainnya adalah mencegah penyakit diabetes. Ini karena anggur merah memiliki kandungan gula yang tergolong rendah.

Sementara bagi penderita diabetes, mengonsumsi anggur merah secara rutin bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuhnya.

7. Menjaga kesehatan otak

Menjaga kesehatan otak menjadi manfaat lainnya yang dimiliki sama buah yang juga suka diolah menjadi minuman anggur merah ini.

Lagi-lagi hal ini berkat adanya zat resveratrol di dalamnya. Menurut penelitian, zat tersebut terbukti efektif melawan stres oksidatif yang bisa mengganggu fungsi otak, lho!

8. Menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi anggur merah secara rutin juga bisa membuat tulang kamu sehat. Ini karena buah anggur merah mengandung vitamin K dan mineral yang memang merupakan nutrisi yang diperlukan tulang agar tetap sehat.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Kamu sering mengalami susah tidur alias insomnia? Kalau iya, maka salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan makan anggur merah.

Menurut penelitian, kandungan melatonin pada buah anggur merah cukup untuk membantu kamu bisa tidur dengan lelap di malam hari.

10. Mencegah penuaan dini

Manfaat anggur merah yang satu ini juga dihasilkan oleh zat resveratrol yang dimilikinya. Zat tersebut diklaim dapat melindungi sel-sel kulit agar tidak mengalami kerusakan yang berakibat pada terjadinya penuaan dini.

jangan lupa kunjungi youtube kami : arjuna citra indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

-Arjuna Citra Indonesia-