Cara membuat keripik pisang

Baca juga: Cara membuat keripik wortel

bahan:
– 1 sisir pisang raja
– 1 sdm garam
– Kapur sirih
– Air

Baluran:
– Gula pasir
– Air

Cara membuat:
1. Kupas pisang, parut pisang dengan parutan keripik, terserah mau memanjang, bulat atau serong.
2. Rendam pisang sebentar dalam baskom berisi air yang sudah diberi garam dan kapur sirih. Lalu cuci sampai bersih dan tiriskan.
3. Goreng pisang dengan minyak banyak dan panas. Goreng sampai kuning keemasan, lalu angkat.
4. Untuk baluran gula, masukkan gula sesuai selera ke dalam wajan, beri air sedikit saja asal gula terendam.
5. Masak hingga gula berbusa, matikan api lalu masukkan pisang aduk merata sampai gula mengering.

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh

1. Meringankan nyeri menstruasi

Nyeri menstruasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi beberapa perempuan. Jika kamu salah satu yang biasa mengalami hal tersebut dan mengandalkan obat-obatan, kamu mungkin ingin beralih ke pisang.

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Sudah ada beberapa studi yang menyatakan bahwa kandungan ini ampuh meringankan nyeri PMS (Premenstrual Syndrome).

2. Menjaga kekebalan tubuh

Semenjak pandemi, kekebalan tubuh menjadi isu yang y=harus diperhatikan oleh siapapun. Kandungan vitamin A, C, dan B6 dalam pisang bisa jadi solusi yang baik untuk hari-hari yang lebih segar dan anti lemas.

3. Memperlancar aliran darah ke otak

Berhubungan dengan poin tentang pencegahan hipertensi, manfaat satu ini berkaitan dengan darah juga. Pisang kaya akan kalium yang berperan penting untuk memelihara fungsi jantung dan sirkulasi darah.

Otak yang dengan baik menerima kiriman nutrisi dan oksigen yang dibawa darah akan berfungsi lebih baik dalam mengingat dan berpikir.

4. Berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat

Pisang kaya akan serat, faktor ini membuat pisang mampu menghambat laju pertumbuhan plak pada dinding pembuluh darah di dalam tubuh. Tanpa adanya plak, pembuluh darah akan bersih dari timbunan lemak dan kolesterol jahat akan tersingkir.

5. Kaya serat kompleks

Manfaat pisang yang pertama yaitu pisang terdiri dari serat, serat kompleks yang mudah dicerna.

Serat yang mudah dicerna memiliki khasiat untuk memperlambat proses penguraian makanan sehingga membuat kamu kenyang lebih lama.

Buah pisang cocok dijadikan sarapan karena tidak membuat merasa terlalu kenyang hingga mengantuk, namun menjaga perut tidak lapar guna memulai aktivitas di pagi hari.

6. Menjaga kesehatan jantung

Makanan kaya akan serat diyakini oleh para ahli sangat baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko berbagai gangguan jantung.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa garam adalah hal jahat dan sensitif bagi penderita tekanan darah tinggi.

Karena rendahnya kadar garam dalam pisang dan tinggi akan potasium, manfaat pisang juga sangat terasa bagi penderita tekanan darah tinggi sebagai penetralisir dan alternatif garam.

9. Buah yang baik untuk anemia

Karena tingginya kadar zat besi pada pisang, pisang juga sangat baik bagi penderita anemia, sebuah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemogoblin terus menurun.

Akibat dari anemia adalah mudah lelah, nafas singkat, dan kulit berubah pucat. Dengan rutin mengonsumsi buah pisang, anemia bisa diatasi secara signifikan.

10. Menyembuhkan luka bekas jerawat

Bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat bagi tubuh kita, bagian kulit pisang juga punya peran penting.

Jika kamu memiliki masalah pada kulit wajah akibat bekas jerawat yang tidak bisa hilang, usapkan kulit pisang segar pada bagian bekas jerawat. Dalam satu minggu akan terlihat perbedaannya.

11. Membuat pikiran bahagia

Karena pisang sangat kaya akan trytophan, sebuah zat yang kemudian diubah menjadi serotonin oleh otak. Ini menciptakan perasaan bahagia dan membantu mengurangi depresi berat sekalipun.

Kandungan buah pisang

Dilansir dari healthline.com, satu pisang ukuran sedang (126 gram) memiliki nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori : 112
  • Lemak : 0 gram
  • Protein : 1 gram
  • Karbohidrat : 29 gram
  • Serat : 3 gram
  • Vitamin C : 12% dari DV*
  • Riboflavin : 7% dari DV*
  • Folat : 6% dari DV*
  • Niasin : 5% dari DV*
  • Tembaga : 11% dari DV*
  • Kalium : 10% dari DV*
  • Magnesium : 8% dari DV*

*DV: jumlah referensi nutrisi untuk dikonsumsi yang baik dikonsumsi per hari.

Jangan lupa kunjungi kami: Arjuna citra indonesia

-Arjuna Citra Indonesia-