cara membuat keripik pisang coklat
Categories:

Cara Membuat Keripik Pisang Coklat

pisang

Cara membuat keripik pisang coklat

Bahan-bahan :

  • 1 sisir pisang kepok setengah matang yang masih hijau
  • 50 gram gula halus
  • 50 gram coklat bubuk
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 sendok makan garam untuk merendam pisang

langkah-langkah

  1. Air bersih secukupnya untuk merendam pisang
  2. Minyak goreng secukupnya
  3. Kupas bersih pisang kepok lalu rendam dalam air garam selama 1 jam.
  4. Setelah 1 jam, potong pisang tipis-tipis memanjang menggunakan pisau.
  5. Kalau mau hasilnya lebih bagus bisa menggunakan alat pengiris pisang.
  6. Masukkan kembali pisang yang sudah kamu iris-iris ke dalam air garam sebentar saja selama 5 menit.
  7. Kemudian panaskan minyak yang cukup banyak dalam wajan untuk menggoreng.
  8. Setelah minyak panas, ambil irisan keripik pisang dalam air garam dan goreng keripik dengan api sedang sampai matang dan kering berwarna kuning keemasan. Jangan lupa dibolak-balik agar tidak gosong. Angkat dan tiriskan.
  9. Diamkan keripik pisang sampai uang panasnya hilang. Sisihkan.
  10. Siapkan wajan berish dan sangrai tepung maizena selama 10 menitan.
  11. Angkat dan taruh ke dalam mangkuk sampai tepung dingin.
  12. Setelah dingin, campurkan tepung maizena dengan gula halus dan coklat bubuk. Aduk rata.
  13. Lalu siapkan wadah besar seperti toples, masukkan keripik pisang yang masih hangat ke dalam toples dan tuang bubuk coklat.
  14. Tutup wadah dan kocok-kocok toples agar semua keripik pisang terlapisi bubuk coklat secara merata.
  15. Simpan keripik pisang dalam toples yang kedap udara agar tetap renyah.
  16. Keripik pisang coklat siap disajikan.

baca juga : manfaat paprika hijau

Berbagai manfaat buah pisang bagi kesehatan

Di dalam buah pisang terdapat banyak sekali nutrisi sehat seperti potasium, kalium, serat, zat besi, magnesium, dan berbagai macam vitamin. Hal ini membuatnya masuk dalam daftar makanan superfood yang kaya akan manfaat kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita rajin mengonsumsi pisang.

1. Baik bagi kesehatan otak

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, di dalam pisang terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kandungan ini ternyata sangat baik bagi kesehatan otak, khususnya dalam membuat fungsinya meningkat. Kita pun akan lebih baik dalam berpikir, berkonsentrasi, dan mengingat.

Selain itu, di dalam pisang juga tinggi kandungan magnesium. Kandungan ini bisa membuat fungsi otak semakin meningkat karena akan membuat sel-sel di antara otak bisa saling berkirim sinyal dengan lebih baik. Magnesium juga akan memastikan reseptor n-methyl-d-aspartate (NMDA) yang bisa membuat perkembangan otak pada anak-anak semakin maksimal. Hal ini juga akan membuat kemampuan belajar dan daya ingat meningkat dengan drastis.

2. Bisa menyediakan energi

Di dalam pisang terdapat kandungan gula alami dan serat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsinya sebagai camilan atau saat merasa lapar, akan membuat tubuh menjadi kembali bertenaga untuk melakukan berbagai macam hal.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa makan dua buah pisang bisa menyediakan energi yang cukup bagi tubuh untuk berjalan dalam waktu 90 menit. Hal ini berarti, energi yang disediakan buah ini memang cukup besar.

3. Bisa memperlancar saluran pencernaan

Pisang tinggi kandungan serat. Kandungan ini dikenal luas baik bagi kesehatan pencernaan karena bisa mencegah datangnya masalah sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Jenis serat yang ada di dalam pisang adalah serat pektin yang juga bisa membuat risiko terkena kanker usus besar bisa ditekan dengan signifikan.

4. Bisa mengendalikan kadar gula darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, pisang justru akan membantu mengendalikan kadar gula darah tetap seimbang. Hal ini disebabkan oleh keberadaan serat pektin yang bisa membantu tubuh menjalankan fungsi ini. Selain itu, dengan mengonsumsi pisang sebagai camilan, bukannya camilan tidak sehat lainnya, akan menjaga asupan kalori dan gula tidak berlebihan.

 

American Diabetic Association menyebut konsumsi pisang secara teratur bisa membantu mencegah datangnya diabetes dengan efektif.

5. Tinggi kandungan antioksidan

Di dalam pisang terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Tak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan melawan paparan buruk radikal bebas, pakar kesehatan menyebut antioksidan ini bisa meningkatkan produksi hormon dopamine dan katekin yang bisa mencegah datangnya stres dan peradangan.

6. Baik untuk diet

Di dalam pisang terdapat kandungan karbohidrat berjenis resistant starch yang bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini berarti, makan pisang sebagai bagian dari menu makanan harian atau camilan bisa membantu menurunkan berat badan.

7. Bisa mengatasi stres

Kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6 bisa merangsang produksi hormon serotonin di dalam tubuh yang menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks, dan akhirnya berimbas pada sensasi lebih bahagia.

jangan lupa kunjungi youtube kami : arjuna citra indonesia

-Arjuna Citra Indonesia-