keripik salak malang
Categories:

Cara Membuat Keripik Salak

Pembuatan keripik salak pondoh

Keripik salak

Manfaat buah salak untuk kesehatan

 

  • Bantu kontrol diabetes dalam tubuh

Kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam buah salak juga bisa membantu mengontrol gula dalam darah atau diabetes. Kandungan yang terdapat dalam buah salak berupa asam asetat dan juga mengandung antioksidan.

  • Memori jadi meningkat

Pada buah salak juga mengandung adanya mineral dan juga macam-macam bahan yang aktif, artinya bisa memicu aliran pada darah kemudian akan mengalir ke otak.

  • Membantu pencernaan supaya lebih lancar

Jika kamu mengalami masalah pencernaan segera konsumsi buah salak. kamu bisa memakan langsung kulit halus yang ada dalam buah salak.

  •  Mencerahkan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak salak dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit  berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Senyawa flavonoid dalam ekstrak buah ini juga terbukti efektif menekan produksi melanin, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar krim pemutih kulit.

  •  Mencegah sembelit

Masih banyak masyakarat yang percaya bahwa mengonsumsi salak bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Ini hanya mitos belaka karena faktanya konsumsi salak secukupnya justru dapat mencegah terjadinya sembelit.

Ini karena kandungan serat dalam salak berguna untuk mendukung kesehatan saluran cerna, meningkatkan bakteri baik di usus, dan membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

  • Menurunkan berat badan

Buah salak juga dapat Anda masukkan ke dalam menu menu diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena salak tinggi akan kandungan serat, sehingga konsumsinya bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan secara berlebih.

  • Meningkatkan daya ingat

Kandungan beta karoten, pektin, dan kalium di dalam buah salak dipercaya mampu melancarkan aliran darah ke otak. Hal ini membuat konsumsi salak bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Meski begitu, potensi buah salak tersebut perlu diteliti lebih lanjut.

  •  Menjaga kesehatan mata

Beta karoten di dalam buah salak juga membawa manfaat bagi kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan kandungan beta karoten, seperti salak, bisa mengurangi risiko terkena penyakit katarak dan rabun senja.

Baca juga: Cara membuat asinan buah.

Bahan-bahan dan cara membuat keripik salak

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg buah salak yang sudah matang
  • 100 gr gula pasir
  • 2 sendok makan garam halus
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • 2 liter air bersih
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah membuat keripik salak :

  1. Mulai dengan mengupas kulit salak kemudian salak dipisahkan daging serta bijinya.
  2. Setelah itu salak dapat dibelah menjadi dua bagian.
  3. Kemudian rendam buah salak yang telah dibelah dua kedalam air yang telah dicampur dengan air kapur sirih.
  4. Biarkan salak direndam kira-kira hingga 5-6 jam
  5. Lalu buah salak dicuci dengan air sampai benar-benar bersih dan keringkan
  6. Goreng salak ke dalam mesin penggoreng hampa udara atau yang lebih dikenal dalam sebutan mesin vacum frying yang telah diisi minyak.
  7. Tunggu hingga keripik salak matang dan kadar airnya sudah dihisap semua oleh mesin vacum frying, angkat lalu tiriskan
  8. Keripik salak siap jadi dan siap untuk dinikmati

Jangan lupa kunjungi: Arjuna citra indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

-Arjuna Citra Indonesia-