Memulai Bisnis Keripik Wortel
Categories:

Cara Membuat Keripik Wortel

cara membuat keripik wortel

Cara membuat keripik wortel

Bahan-Bahan

  • Wortel dikupas dan dipotong-potong menjadi kecil
  • Kemudian wortel diblender hingga halus, saringlah wortel yang diblender dan diambil sari airnya.
  • Haluskan bawah putih dan campur sari air wortel tersebut
  • Masukkan juga tepung tapioka, tepung terigu dan garam, telur dan gula tepung.
  • Aduk higga rata dan jangan terlalu lembek, jadilah adonan keripik wortel, jika kesulitan gunakan mesin pengaduk adonan.
  • Kemudian bentuklah menjadi lonjong bulat atau kotak juga bisa.

Cara Masak

  • Potong tipis-tipis adonan tersebut.
  • Keringkan dan jemur adonan tipis tersebut.
  • Setelah kering, gorenglah keripik wortel mentah tersebut
  • Tiriskan hingga minyak dalam wortel berkurang
  • Keripik wortel siap disajikan.

Baca juga: Keripik kulit manggis

Manfaat wortel bagi kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

Hal ini karena kandungan vitamin A pada wortel mampu menjaga kesehatan mata agar lebih baik.

“Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan bera karoten-nya, “karotenoid” yang diubah tubuh menjadi vitamin A,” ungkap Taylor Michael Redmond, kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, atau penyakit mata progresif.

Xerophthalmia dapat menyebabkan kebutaan malam atau kesulitan melihat ketika tingkat cahaya rendah.

Menurut studi dari Community Eye Health Journal, tidak mendapatkan cukup vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, terutama di malam hari.

Manfaat wortel yang masih berhubungan dengan kesehatan mata, yaitu mampu memperjelas penglihatan seseorang.

Manfaat buah untuk mata ini dapat Moms raih jika rajin makan sayuran sebagai hidangan makanan.

Dikutip dari Office of Dietary Supplements, kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Nah, kombinasi kedua kandungan ini dapat membantu mencegah seseorang mengalami kondisi degenerasi makula terkait usia.

Penyakit yang sering menyerang orang dewasa ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang ireversibel, atau tidak dapat diubah.

Untuk itu, Moms dapat menikmati manfaat wortel untuk kesehatan mata dengan makan wortel dalam takaran yang tepat, ya!

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Masih bingung bagaimana cara mencapai berat badan yang ideal, Moms? Kuncinya adalah defisit kalori.

Maka dari itu, jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari tentunya sangat berpengaruh.

Ada banyak sayur-sayuran yang baik untuk membantu program diet Moms berhasil, salah satunya adalah wortel.

Ya, manfaat wortel ini bisa didapatkan karena sayuran ini kaya serat sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna.

Dengan begitu, Moms juga akan merasa kenyang lebih lama. Nah, hal ini akan mencegah Moms untuk makan makanan berlemak lainnya secara berlebihan.

Cara paling baik makan wortel saat diet, yaitu merebusnya dibandingkan dengan membuat jus wortel.

Menurut USDA National Nutrient Database, wortel kaya akan serat secara alami, satu cangkir porsi wortel cincang yang mengandung 3,6 gram serat.

Namun, apabila sudah dijadikan jus wortel, kandungan seratnya akan berkurang sehingga manfaat wortel menjadi tidak maksimal.

Salah satu kelemahan jus wortel adalah kehilangan sebagian besar kandungan serat dari wortel, hanya menyisakan kandungan serat larut nabati.

Ini membuat nutrisi jus wortel memiliki kualitas yang lebih rendah daripada wortel mentah utuh.

Untuk itu, lebih baik konsumsi wortel secara utuh atau ditambahkan ke dalam sup serta makanan lainnya apabila Moms sedang menjalani diet defisit kalori.

3. Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Manfaat wortel berikutnya untuk kesehatan yang tidak kalah pentingnya, yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh.

Hal ini karena wortel kaya akan kalium. Kalium membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri, yang meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat dari wortel untuk kesehatan ini karena kandungan serat dan kalium yang mampu membantu mengelola tekanan darah dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Dilansir dari American Heart Association (AHA), setiap orang disarankan untuk mengonsumsi lebih sedikit garam atau natrium ke makanan, dan makan lebih banyak makanan tinggi kalium, seperti wortel.

Sementara itu, Journal of Chiropractic Medicine menyimpulkan, orang dengan konsumsi serat tinggi cenderung lebih rendah risiko alami penyakit kardiovaskular daripada mereka yang makan sedikit serat.

Perlu Moms pahami, tekanan darah tinggi dikaitkan dengan beberapa kondisi yang berbahaya, yaitu:

  • Aterosklerosis, terjadinya ketika adanya pengerasan dan penebalan arteri dinding pembuluh darah.
  • Retinopati hipertensi, yaitu terjadinya perubahan pembuluh darah di retina mata yang menyebabkan darah bocor ke jaringan retina yang halus.
  • Stroke dan gangguan pada otak.
  • Gangguan pada ginjal.
  • Demensia, yang disebabkan arteri menyempit atau tersumbat sehingga membatasi aliran darah ke otak.

Jangan menyepelekan kondisi hipertensi, ya, Moms. Mulai terapkan pola makan yang sehat, salah satunya dengan makan wortel.

4. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Manfaat wortel berikutnya, yaitu dapat mendukung kesehatan pencernaan. Hal ini karena kandungan serat wortel yang cukup tinggi.

Studi pada 893 orang dari International Journal of Clinical Oncology menyebutkan, bahwa makan lebih banyak makanan yang kaya karotenoid dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Karenanya, makan wortel dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit serat.

Wortel berukuran sedang memiliki kandungan 1,7 gram serat, atau 5 persen dan 7,6 persen dari kebutuhan harian serat seseorang.

Sementara itu, 1 cangkir wortel cincang menyediakan asupan 3,58 gram serat.

5. Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ternyata, ada juga manfaat wortel untuk kesehatan ibu hamil lho, Moms. Terutama karena kandungan kalsium pada wortel.

Disebutkan bahwa 100 gram wortel memberikan asupan kalsium sebanyak 33 miligram.

Dilansir dari American College of Obstetrician and Gynecologists, wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari.

Kalsium membantu mengembangkan tulang dan tulang rawan yang kuat pada janin.

Wortel juga mengandung fosfor, yang membantu meningkatkan fungsi otot dan mencegah segala jenis kram.

Beberapa ibu hamil dapat mengalami kondisi kram dan kekakuan otot selama masa kehamilan.

Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya, namun bisa membuat Moms merasa tidak nyaman.

Manfaat wortel untuk ibu hamil berikutnya, yaitu membantu menjaga kadar gula darah Moms tetap stabil dan mengurangi risiko diabetes.

Ingat, kadar gula darah yang tinggi saat hamil bisa membahayakan kondisi janin.

Selain itu, studi dari American Academy of Pediatrics mengungkapkan, vitamin A dalam jus wortel dapat membantu melawan infeksi.

Diketahui bahwa peranan vitamin A juga menambah kualitas ASI. Jadi, hal ini akan berguna ketika Moms sudah menyusui nantinya sebagai asupan gizi untuk Si Kecil.