Categories:

Cara Membuat Sate Kambing Lezat

Sate kambing merupakan salah satu sajian yang selalu ada saat Idul Adha. Olahan daging kurban ini banyak disukai karena cita rasanya yang lezat.  Sayangnya mengolah daging kambing untuk sate gampang-gampang susah. Sebab, daging kambing memiliki bau prengus yang agak sukar dihilangkan.

Tak perlu khawatir, berikut Kompas.com rangkum cara membuat sate kambing agar tidak bau prengus. Dengan metode ini, bumbu sate kambing pun akan meresap sempurna.

Berikut membuat sate kambing.

1. Gunakan potongan daging yang sesuai

Penggunaan bagian yang tepat dapat memengaruhi keempukan teksturnya.  Untuk membuat sate kambing sebaiknya gunakan daging prime cut.
Sebab, bagian ini memiliki jaringan otot yang sedikit, jadi bisa dimasak dalam waktu singkat. Prime cut daging kambing meliputi has dalam, luar iga, dan paha atas.

2. Tidak Perlu Dicuci

Daging kambing yang akan diolah tidak perlu dicuci.  Proses pencucian justru dapat membuat daging kambing semakin bau prengus.
Alih-alih mencucinya, lebih baik lumuri daging kambing dengan perasan jeruk nipis untuk meminimalisir baunya.  Alternatif lainnya, kamu bisa merebus daging kambing di dalam air mendidih hingga mengeluarkan banyak buih. Kemudian, tiriskan lalu bumbui seperti biasa.

3. Bungkus dengan daun pepaya

Jika mendapat daging yang berotot, maka bungkus dulu dalam daun pepaya yang sudah diremas. Proses ini dapat membuat daging kambing lebih empuk saat matang.  Baca juga: 4 Tips Membuat Daging Kambing Empuk dengan Bahan Alami  Selain daun pepaya, nanas dan bawang bombai pun bisa membantu proses pengempukkan daging. Atau, bisa juga memakai baking soda maupun meat tanderizer agar lebih praktis.  Cara menggunakannya, yakni dengan menambahkan ketiga bahan tersebut dalam bumbu rendamannya.

4. Rendam atau masak dalam bumbu

Cara membuat sate kambing sebetulnya cukup dibakar begitu saja. Namun supaya rasanya lebih enak, daging kambing harus dibumbui terlebih dulu.  Cara membumbui sate kambing dapat dilakukan dengan beberapa metode. Pertama, yakni dengan mengoles bumbu saat proses pembakaran. Atau, dapat pula merendam daging kambing bersama bumbu yang sudah disiapkan. Bila ingin lebih meresap, daging kambing dapat ditumis bersama bumbu halus lalu diungkep. Sebagai tambahan, gunakan jahe, kunyit, atau rempah lainnya dalam bumbu sate agar baunya tidak prengus.

Sekian dan terima kasih.

Artikel ini telah dipost pada aci-agro.id dengan judul “Cara Membuat Sate Kambing Lezat” dengan permalink : https://aci-agro.id/blog/cara-membuat-sate-kambing-lezat/