Categories:

Gizi dan Manfaat Nanas

Nanas adalah salah satu buah tropis yang banyak disukai karena razanya yang lezat dan dapat disajikan ke dalam berbagai bentuk makanan dan minuman. Buah yang menjadi bahan dasar minuman piña colada ini juga kaya akan serat dan air serta kandungan nutrisi yang menyehatkan lainnya. Nah, simak yuk berbagai kandungan gizi dan manfaat nanas di bawah ini!

Berikut adalah kandungan gizi yang bisa Anda temukan dari tiap 100 gram nanas:

  • Air: 88.9 gram (g)
  • Protein: 0.6 g
  • Lemak: 0.3 g
  • Serat: 0.6 g
  • Kalsium : 22 miligram (mg)
  • Fosfor: 14 mg
  • Zat besi: 0.9 mg
  • Natrium: 18 mg
  • Kalium: 111.0 mg
  • Tembaga: 0.03 mg
  • Seng: 0.1 mg
  • Beta-karoten: 17 mcg
  • Karoten total: 90 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.02 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.04 mg
  • Niasin (Vitamin B3): 0.2 mg
  • Asam askorbat (Vitamin C): 22 mg

Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi buah nanas:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah nanas memiliki kandungan antioksidan yaitu vitamin C, yang memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya dari berbagai penyakit. Hal ini juga mendapat oleh sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients pada tahun 2017 lalu.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa asam askorbat (vitamin C) termasuk salah satu jenis vitamin yang berperan penting dalam melindungi sistem imun tubuh. Bahkan, mengonsumsi buah tinggi vitamin ini dapat membantu pencegahan terhadap infeksi pernapasan dan sistemik.

2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari buah nanas adalah kandungan kalsium di dalamnya yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Namun, sebenarnya, tidak hanya kalsium saja, tembaga yang juga ada dalam buah nanas ternyata juga dapat memberikan efek yang sama terhadap kesehatan tulang Anda.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas ternyata cukup untuk kesehatan mata. Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Antioxidants menyatakan bahwa meningkatkan asupan beta karoten dan vitamin C dapat membantu mengurangi risiko mengalami penyakit mata yang biasa menyerang lanjut usia atau lansia.

4. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C memang merupakan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Oleh sebab itu, tak heran jika mengonsumsi buah nanas yang kaya akan vitamin C dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan kulit.

Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. Khususnya, kerusakan yang mungkin terjadi akibat radikal bebas dari sinar ultra violet yang biasanya berasal dari sinar matahari.

Sebenarnya, kulit Anda sudah memiliki kandungan vitamin C secara alami. Namun, paparan sinar ultra violet dapat mengurangi kandungan vitamin tersebut pada kulit, sehingga Anda perlu meningkatkan asupan vitamin C agar kulit tetap terlindungi.

Artikel ini telah dipost pada aci-agro.id dengan judul “Gizi dan Manfaat Nanas” dengan permalink : https://aci-agro.id/blog/gizi-dan-manfaat-nanas/