Categories:

Resep Membuat Keripik Semangka

keripik semangka

Kripik buah semangka

Keripik Buah Semangka dikenal sebagai jenis buah dengan kadar air yang tinggi. Buah ini terasa menyegarkan saat cuaca terik. Tak heran bila banyak orang yang memilih semangka sebagai pilihan buah segar untuk dikonsumsi.

Namun, semangka ternyata dapat kamu sajikan dengan cara yang berbeda, yaitu dengan membuatnya jadi keripik buah semangka. Penasaran bagaimana cara membuat keripik berbahan semangka? Yuk, coba buat.

Baca juga artikel lainnya: https://aci-agro.id/blog/khasiat-buah-belimbing/

Bahan bahan yang dibutuhkan

  • 1/2 semangka medium dan iris dengan ketebalan yang sedang
  • Perasan jeruk nipis
  • 1/2 sampai 1 sendok teh bubuk cabai
  • Garam secukupnya
  • Saus cocol sesuai selera

Langkah langkah pembuatan

1.  Sebagai langkah awal, kamu dapat mencampurkan bahan-bahan (kecuali semangka) ke dalam satu wadah yang telah disiapkan.

2. Aduklah semua bahan hingga tercampur secara merata. Jika sudah, kamu dapat menyisihkannya.

3. Jika bumbu yang dipersiapkan telah selesai,

4. kamu dapat membalurkannya pada irisan buah semangka.

5. Pastikan untuk membaluri seluruh bagian semangka secara merata. Ulangi semuanya hingga selesai dan jika sudah, maka kamu dapat sisihkan.

6. Kamu dapat langsung memanggang semangka dengan cara meletakkannya pada loyang yang telah disediakan. Jangan menumpuk semangka agar nantinya bisa renyah dengan baik. Jika sudah, kamu dapat memanggangnya hingga teksturnya berubah menjadi lebih kering.

7. Kamu dapat langsung menyajikan keripik buah semangka jika sudah selesai dipanggang. Letakkan keripik semangka pada toples yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Sajikan keripik buah semangka bersama dengan saus cocol sesuai selera.

Proses pengolahan keripik buah semangka ternyata cukup mudah untuk dibuat oleh siapa pun dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Camilan andalan untuk semuanya, deh!

Kunjungi juga akun youtube kami: https://youtu.be/i-6rkgYXFuA

Manfaat semangka

1. Membantu hidrasi tubuh

Minum air putih bisa membantu tubuhmu terhidrasi dengan baik. Tak hanya dari air putih, mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.

Semangka terdiri atas 92% air. Karenanya, buah ini bisa membuat tubuh terhindar dan menurunkan risiko dehidrasi. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

2. Mengandung banyak nutrisi bermanfaat

keripik buah semangka untuk kesehatan tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Sejauh ini, semangka terbilang sebagai salah satu buah yang rendah kalori. Buah ini hanya mengandung 46 kalori setiap 154 gram.

Setiap porsi semangka tersebut juga menyimpan banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, A, B1, B5, B6, dan magnesium. Semangka juga kaya akan karotenoid, termasuk likopen, dan beta-karoten.

3. Menurunkan risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen, zat yang terdapat dalam semangka, berhubungan dengan risiko kanker prostat lebih rendah.

Hal itu karena semangka tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin ini dapat menurunkan risiko kanker dengan melawan radikal bebas.

Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dinilai bisa menghambat pertumbuhan tumor.

4. Manfaat buah semangka untuk darah

Semangka dan Hipertensi. Selain beberapa manfaat di atas, citrulline yang terkandung di dalam semangka juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini karena citrulline memiliki efek melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan di dalam pembuluh darah turun.

5. Manfaat buah semangka untuk wajah

Salah satu manfaat semangka untuk kecantikan adalah mampu membuat bagian terluar dari tubuh ini menjadi lebih mulus. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang dapat memproduksi lebih banyak kolagen pada tubuh. Rangsangan produksi kolagen dapat menebalkan kulit dan memperbaiki garis-garis halus.

-Arjuna Citra Indonesia-