Categories:

keripik jamur tiram

keripik jamur tiram putih

Keripik jamur

Baca juga: Keripik kulit rambutan

Manfaat jamur tiram bagi tubuh

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol dan tekanan darah yang tinggi sudah dikenal sebagai dua faktor yang berkontribusi besar terhadap penyakit jantung.

  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Manfaat jamur tiram untuk memperkuat sistem imun tubuh juga tidak terlepas dari kandungan sejenis serat beta-glukan yang bernama pleuran.

  • Menurunkan berat badan berlebih

Selain tinggi serat, jamur tiram yang bebas lemak sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Bahan dan cara membuat keripik jamur

Bahan:
1.000 g jamur tiram
300 g tepung beras
100 g tepung kanji
Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
10 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
2 sdt garam

Cara masak:

  1. Buang tangkai jamur, lalu suwir-suwir kasar bagian ‘payung’nya. Taruh/ratakan di atas tampah/nampan atau wadah datar yang lebar.
  2. Bumbu: Haluskan bawang putih, aduk bersama merica, kaldu bubuk, dan garam. Lumurkan bumbu halus pada jamur, aduk rata, sisihkan.
  3. Campur tepung beras dan tepung kanji hingga rata, taburkan ke atas jamur, aduk-aduk hingga tepung melekat pada jamur, sisihkan ± 15 menit.
  4. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Tepiskan kelebihan tepung yang menempel pada jamur, masukkan secara bertahap ke dalam minyak panas. Goreng sambil aduk hingga jamur setengah kering, angkat, tiriskan, sisihkan hingga dingin betul.
  5. Saring minyak dari endapan tepung di dasar wajan, panaskan kembali minyak di atas api kecil – sedang. Goreng jamur setengah matang secara bertahap, aduk-aduk hingga jamur berwarna kecokelatan dan renyah, angkat, tiriskan, dinginkan.

Jangan lupa kunjungi: Arjuna citra indonesia