keripik kulit kentang
Categories:

Pengolahan Keripik Kulit Kentang

pengolahan makanan keripik kulit kentang

Pengolahan keripik kulit kentang

Ada beberapa macam umbi yang kulitnya bisa diolah menjadi aneka hidangan. Salah satunya adalah kentang.  Kulit kentang bisa diolah menjadi keripik yang renyah dan kaya rasa.Saat mengolah kentang, sebaiknya kamu tak membuang kulitnya. Sebab kulit kentang bisa diolah menjadi keripik yang renyah dan gurih.  Keripik kulit kentang dapat dinikmati sebagai camilan teman nonton film ,teman makan nasi hangat. Sebagai pelengkap, kamu dapat menghidangkannya dengan cocolan saus favorit.

baca juga : resep asinan bengkuang

Cara membuat keripik kulit kentang

bahan-bahan :

  • 50 gram kupasan kulit kentang
  • 3 sdm tepung bumbu serba guna
  • 1 sdm tepung terigu
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Cabai bubuk halus secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

1. Bersihkan dulu

Sebelum diolah, kulit kentang harus dibersihkan terlebih dulu. Untuk membersihkannya, sikat kulit, kupas, lalu bilas menggunakan air.  Proses pembilasan harus dilakukan berkali-kali sampai airnya bening. Hal ini perlu dilakukan supaya kulit kentang bersih dan bebas dari tanah.

2. Tiriskan

Kulit kentang yang sudah dibersihkan perlu ditiriskan terlebih dulu agar tidak menyerap banyak air. Jadi, ketika diolah kulit kentang lebih renyah dan cepat matang

3. Goreng sesuai kebutuhan
penggorengan kulit kentang pada dasarnya sama seperti kentangnya. Namun proses membumbuinya sedikit lebih sulit karena kulit kentang menyerap bumbu lebih banyak. Oleh karenanya, bumbu kulit kentang biasanya lebih banyak daripada kentang.

4. Keringkan dengan oven

Keripik kulit kentang lebih menyerap bumbu daripada kentangnya. Oleh karena itu, Hanna bisa mengovennya kembali setelah dibumbui.  Hal ini dilakukan untuk mempertahankan tekstur keripik agar tetap renyah.

manfaat kulit kentang :

Kandungan kulit kentang terdiri dari berbagai komponen mikronutrisi, di antaranya kalium, magnesium, dan kalsium. Komponen tersebut sangat baik untuk membantu memelihara berbagai fungsi tubuh. Salah satunya yaitu menjaga tekanan darah normal dan membantu menekan risiko tekanan darah tinggi.

berikut manfaat mengkonsumsi kulit kentang :

1. Rasa Kenyang Lebih Lama

2. Melancarkan Pencernaan

3. Memelihara Tekanan Darah

4. Memperkuat Tulang

5. Menurunkan Risiko Penyakit

6. Manfaat Kolin

7. Baik untuk Mereka yang Alergi Gluten

8. Pemasok Energi

jangan lupa kunjungi youtube kami : arjuna citra indonesia

-Arjuna Citra Indonesia-