Categories:

Keripik Kulit Manggis

keripik manggis

 

Manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh

1. Sebagai sumber antioksidan, anti kanker serta antiinflamasi

Buah manggis mengandung zat yang disebut Xanthone yakni senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis yang memiliki kashiat sebagai antikanker, anti bakteri dan anti inflamasi.

2. Baik untuk ibu hamil atau yang merencanakan kehamilan

Manggis mengandung asam folat tinggi yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena folat diperlukan untuk mencegah terjadinya kelainan tabung saraf pada bayi

3. Baik untuk pencernaan

Buah manggis adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan Xanthone dalam buah manggis ternyata ditemukan tidak hanya untuk anti kanker saja, tetapi juga dapat mengontrol kadar gula darah.

5. Mengontrol kadar gula darah

Buah manggis, yang mirip dengan buah kecapi juga diketahui dapat mengendalikan kadar gula darah Hal ini karena manggis mengandung serat yang mampu menstabilkan kadar gula darah.

6. Meredakan radang sendi

Kandungan xanthones dalam buah manggis yang juga berfungsi sebagai antiradang, turut mengurangi rasa sakit akibat peradangan dalam tubuh, misalnya nyeri akibat radang sendi.

 7. Menurunkan gula darah

Manggis memiliki manfaat untuk mencegah dan menjaga diabetes tetap terkendali karena dapat membantu menjaga kadar gula darah normal. Hal ini telah terbukti bertindak sebagai inhibitor alpha-amylase, yang berarti menghambat enzim yang menyebabkan pati terurai menjadi glukosa.

Kemampuan penurun gula darah pada manggis berasal dari asam tanatinya dan bahkan lebih dari itu dari kompleks proanthocyanidin (OPCs) oligomernya. OPC adalah metabolit tumbuhan alami yang banyak tersedia dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, bunga, dan kulit kayu.

Selain baik untuk gula darah, OPC terutama dikenal karena aktivitas antioksidannya, juga berkontribusi sebagai antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, antiinflamasi, anti alergi, dan vasodilatasi.

8. Mengurangi masalah menstruasi

Kulit dan akar manggis secara tradisional dianggap mampu membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita. Manfaat manggis juga meringankan gejala tidak nyaman yang sering terjadi sebelum menstruasi.

9. Sebagai perawatan kulit

Sifat-sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan antioksidan dari kulit manggis dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

Kulit manggis juga terbukti sebagai obat rumahan yang efektif untuk jerawat. Ini adalah aktivitas antioksidan yang paling signifikan dan mengurangi produksi spesies oksigen reaktif, yang menjadi dua faktor yang memengaruhi pertumbuhan jerawat.

10. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu klaim ketenaran kulit manggis adalah potensinya untuk membantu penurunan berat badan. Hal ini adalah efek anti-inflamasi yang berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Cara membuat keripik kulit manggis

Bahan yang Dibutuhkan

  • kulit Manggis
  • Gula ( untuk keripik manis )
  • Garam ( untuk keripik asin )
  • Tepung terigu
  • Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Kulit Manggis

  1. Cuci bersih kulit manggis, lalu potong kulit manggis itu menurut selera.
  2. Rendam kulit manggis untuk beberapa saat dalam larutan air tawas bersama perasan jeruk nipis, gula/garam. gula untuk keripik manis, dan garam untuk keripik asin.
  3. Jemur hingga kering kurang lebih 8 jam diatas panas matahari
  4. Ulangi langkah nomor 2.
  5. Anda dapat mencelupkan kulit manggis tadi dalam adonan tepung dan air bila anda menginginkan keripik dengan tepung.
  6. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
  7. Angkat, tiriskan, dan sajikan selagi panas.

Baca juga: Keripik buah apel

 

Jangan lupa kunjungi: Arjuna citra indonesia

-Arjuna Citra Indonesia-