keripik nangka
Categories:

Keripik Nangka Khas Malang

manfaat buah nangka

Keripik nangka khas malang

Keripik Nangka adalah camilan yang sangat populer dan disiapkan dengan menggoreng daging nangka setengah matang.

Pohon nangka umumnya sebagian besar tumbuh di halaman belakang rumah dan bulan April hingga Juni adalah musim nangka terbaik. Ada kelebihan resep nangka di rumah kita selama bulan-bulan ini, hidangan manis dan gurih yang dibuat dengan nangka mentah dan matang, biji nangka

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia,malang sendiri punya banyak kuliner khas yang enak banget dan rekomendasi banget buat kalian cobain ya salah satunya keripik nangka khas malang punya rasa khas nangka yang enak dan sudah terkenal kalian harus tau dulu sebelumnya apa manfaat buah nangka baru ke cara buatnya kalian bisa loh buat dirumah buat dicoba

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

 

8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Berkat kandungan beragam nutrisi di atas, ada berbagai manfaat buah nangka yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:

1. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat buah nangka adalah menjaga fungsi pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, Anda bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

Selain mengandung serat, buah nangka juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai prebiotik untuk mendukung pertumbuhan kuman baik di saluran cerna.

2. Menjaga berat badan ideal

Tak hanya melancarkan pencernaan, buah nangka juga baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini karena kandungan serat dan protein yang cukup tinggi dalamnya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan pun dapat berkurang.

Selain itu, kandungan kalori dalam buah nangka juga terbilang rendah sehingga bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda tambahkan ke dalam menu diet sehari-hari.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat buah nangka dalam memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa diperoleh dari kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya.

Serat dan antioksidan berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah pembuluh darah tersumbat, sedangkan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.Karena manfaat tersebut, buah nangka baik dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Memelihara kesehatan kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit, tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan kulit dari luar saja, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk kulit, seperti buah nangka, agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat bahaya radikal bebas, salah satunya akibat paparan sinar matahari.Selain itu, vitamin C dari buah nangka juga dapat membantu tubuh menghasilkan kolagen yang menjadikan kulit kenyal dan tetap kencang sehingga akan mencegah penuaan dini.

5. Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Nah, agar Anda terhindar dari penyakit ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, yaitu menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk buah nangka.

Manfaat buah nangka diduga dapat mengurangi risiko kanker karena kandungan antioksidan di dalamya yang mampu melawan bahaya radikal bebas dan melindungi tubuh dari beragam penyakit kronis, seperti kanker.

Namun, perlu Anda ketahui, meski kandungan nutrisi dalam buah nangka dapat memberikan beragam manfaat di atas, manfaat buah nangka sendiri untuk kesehatan dan pencegahan penyakit masih perlu dibuktikan secara klinis.

Resep membuat keripik nangka khas malang

keripik nangka

Bahan:

1 kg Nangka 
1 1/2 liter air
75 gr garam
100 gr whitining
150 gr gula
2 liter minyak goreng

 

1

 

DONE
 10min

MENYIAPKAN BAHAN

Kupas nangka dan bersihkan jerami, potong daging, simpan bijinya dan potong ujungnya. Rendam nangka dengan larutan air yang merendam hingga 5 jam. Cuci nangka kemudian tiriskan sampai benar-benar kering.

2

 

DONE
 25min

PROSES MEMASAK

Masuk ke dalam mesin penggorengan vakum (vacuum fryer) minyak dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius. Goreng sampai matang dan berbusa pada minyak telah menyempit atau berkurang, angkat dan tiriskan. Simpan keripik nangka dalam wadah kedap udara atau plastik agar rasanya yang lezat renyah dan tahan lama.

Resep membuat keripik nangka khas malang dirumah

Keripik Nangka: Manis Yang Bisa Jadi Gurih, Bikin Ketagihan

Bahan-bahan Cara Membuat Keripik Nangka khas malang:

  • buah nangka segar, tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter

Cara Membuat Keripik Nangka Gurih dan Renyah

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Informasi tambahan : Penambahan rasa pada keripik nangka dapat dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir, garam atau madu.

Baca Juga : olahan buah kelengkeng san manfaat kelengkeng

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Buah Nangka

Manfaat buah nangka bagi kesehatan memang tidak sedikit. Namun, tidak semua orang bisa mengonsumsi buah tersebut. Penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi buah nangka, karena buah ini mengandung gula dan indeks glikemik yang tinggi.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, buah nangka bisa membuat kadar gula darah melonjak. Oleh karena itu, konsumsi buah nangka sebaiknya tidak lebih dari 2–3 porsi per hari.Di samping manfat buah nangka bagi kesehatan, buah ini juga diketahui dapat menimbulkan efek interaksi obat dan memengaruhi kerja obat tertentu.

Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai dampak nangka jika dikonsumsi berlebih untuk tubuh atau jumlah konsumsi yang sesuai kondisi tubuh Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kunjungi juga Youtube kami : https://youtu.be/tkgyAoQBMdc

– Arjuna Citra Indonesia –