keripik pisang sehat
Categories:

Ngemil Sehat dan Bergizi dengan Keripik Pisang Sehat

Keripik pisang sehat seringkali dijadikan cemilan oleh banyak orang karena dianggap lezat, sehat, dan mengenyangkan. Keripik pisang telah banyak dijual di pasar Indonesia. Banyak juga, lho yang menjadikan keripik pisang sebagai makanan untuk diet bergizi. So, readers yuk mulai ganti cemilanmu dengan keripik pisang.

Pisang merupakan buah yang sudah akrab di telinga kita. Pisang sering kita jumpai di toko buah maupun pasar. Rasanya yang nikmat dan manis serta harganya yang terjangkau membuat buah ini banyak digemari oleh masyarakat. Serat yang terkandung dalam buah pisang sangat menunjang kesehatan tubuh kita.

Buah pisang kerap dijadikan olahan makanan atau minuman. Kebanyakan yang beredar di masyarakat adalah olahan jus pisang, milkshake pisang, es pisang, bolu pisang, keripik pisang, dan masih banyak lagi.

Keripik pisang tentunya mengandung gizi yang baik untuk tubuh kita. Berikut ini kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi 1 cup (72 gram) keripik pisang menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA):

  • Kalori: 374 kalori
  • Protein: 16 gram
  • Karbohidrat: 42 gram
  • Serat: 5,5 gram
  • Gula: 25 gram
  • Total lemak: 25 gram
  • Lemak jenuh: 21 gram
  • Kalium: 8% dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh
  • Vitamin B6: 11% dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh

 

Keripik pisang mempunyai banyak efek yang baik buat kesehatan lo! Salah satunya baik untuk kesehatan berbagai organ tubuh. Nah, berikut ini adalah manfaat dari mengonsumsi keripik pisang

  1. Mencegah Sakit Asma

Asma termasuk penyakit kronis pada saluran pernapasan. Nah, kandungan keripik pisang efektif untuk menangani penyakit asma. Yuk mulai makanan sehat ini untuk mencegah terjadinya asma.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Otak juga dapat dijaga kesehatannya dengan mengonsumsi keripik pisang. Kandungan yang ada di dalam keripik ini bisa melindungi otak dari penyakit. hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh serat yang mencegah kolesterol meningkat.

  1. Mencegah Kanker

Pisang mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, rasa pisang tersebut melindungi kamu dari berbagai serangan penyakit. Tak tanggung-tanggung, penyakit kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi keripik pisang.

  1. Mencegah Sembelit

Sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi olahan pisang secara rutin. Kandungan serat yang tinggi membuat sistem pencernaan tetap terjaga. Tak hanya mencegah sembelit, pisang pun juga efektif untuk mengobati diare.

  1. Mencegah Anemia

Penderita anemia disarankan untuk memakan pisang ataupun olahannya karena efektif menambah darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada pisang sangat tinggi. Pisang juga membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan sehat.

  1. Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Menurut data FDA, keripik pisang mempunyai lebih banyak kandungan serat. Kandungan serat dalam keripik kentang diketahui lebih dari 1 gram, sementara kentang hanya mengandung 0,6 gram serat.Meski jumlahnya terbilang kecil, kandungan serat keripik pisang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama setelah makan. Hal ini tentunya cocok bagi kamu yang hendak menurunkan berat badan. Sebuah studi menunjukkan, peningkatan asupan serat membuat penurunan berat  badan dalam diet kalori terbatas menjadi lebih berhasil.

  1. Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Selain itu, kandungan natrium dalam keripik pisang biasanya lebih rendah dibandingkan keripik lain. Ketika dipadukan dengan kandungan kalium di dalamnya, keripik pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi

 

Keripik pisang sehat memang banyak dijual di pasar Indonesia. Namun, agar lebih higienis dan terjamin, lebih baik buat sendiri, lho. Tapi gimana ya caranya? Daripada bingung yuk simak cara membuat keripik pisang sehat dan tentunya mudah.

Bahan:

  • Pisang ambon 10 buah
  • Garam halus 1 sdm
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air bersih 1 L
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat keripik pisang:

  • Kupas semua kulit pisang lalu iris tipis seperti logam koin.
  • Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
  • Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  • Siapkan wadah bersih lainnya.
  • Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  • Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  • Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  • Keripik pisang siap disajikan

Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman kita dalam memilih keripik pisang yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita, selamat mencoba.

keripik pisang sehat

– Arjuna Citra Indonesia –