manfaat tempe
Categories:

Keripik Tempe Sagu

keripik tempe
keripik tempe

Manfaat tempe untuk kesehatan tubuh

  • Baik untuk pencernaan

Makanan yang difermentasi mengandung probiotik. Probiotik menguntungkan, karena dapat memberikan manfaat kesehatan saat dimakan terutama untuk kesehatan pencernaan.

  • Tinggi akan protein

Tempe mengandung protein yang tinggi sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. Satu cangkir (166 gram) tempe menyediakan 31 gram protein.

  •  Menjaga berat badan ideal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi protein dapat meningkatkan thermogenesis (produksi panas).

  • Menurunkan risiko osteoporosis

Manfaat kandungan kalsium dan fosfor pada tempe utamanya penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak.

Manfaat tempe untuk ibu hamil

1. Suasana hati lebih baik

Selama kehamilan, mood ibu hamil bisa berubah drastis. Terkadang bisa sangat bahagia, lalu dalam hitungan menit mood bisa berubah menjadi sedih bahkan depresi.

 

Hal ini normal dialami karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Sayangnya, perubahaan mood bisa meningkatkan risiko depresi pada ibu. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah makan tempe.

Manfaat tempe tersebut tetap butuh penelitian lebih lanjut. Meski begitu, karbohidrat tempe dikatakan bisa menambah energi pada bumil sehingga ibu jadi lebih bersemangat dan tidak mudah lelah.

Baca juga: Cara membuat keripik salak

2. Sumber protein

Selama hamil, Anda perlu memenuhi kebutuhan protein sebanyak 60 gram setiap harinya. Tempe jadi salah satu makanan yang cocok untuk memenuhi asupan protein selama hamil.

Nantinya, protein akan bekerja untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas penyebab penyakit, dan membantu menghasilkan sel darah merah.

3. Mencegah anemia

Saat hamil, Anda mungkin lebih rentan terhadap anemia. Kondisi ini sering terjadi dalam kehamilan serta dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, sakit kepala, dan lainnya.

Tapi tenang saja, tempe bisa membantu Anda terhindar dari anemia. Tempe mengandung protein rendah lemak yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

 

Bahan-bahan dan cara pembuatan:

Bahan-bahan:

– 500 gram kedelai yang sudah diberi ragi

– 500 gram tepung sagu

– 6 siung bawang putih

– 1 sdt garam

– 1 sdt kaldu jamur

– air secukupnya

– minyak goreng

Cara membuat keripik tempe sagu:

1. Campur kedelai dengan tepung sagu menggunakan spatula.

2. Siapkan plastik. Masukkan adonan tempe sagu dalam plastik hingga padat. Ikat. Lalu, tusuk-tusuk plastiknya.

3. Biarkan bungkusan tempe sagu selama 3 hari.

4. Iris tempe sagu tipis-tipis.

5. Haluskan bawang putih. Tambahkan garam dan kaldu jamur. Tuang air secukupnya. Aduk rata.

6. Celupkan tempe ke bumbu basah. Goreng dalam minyak panas.

7. Keripik tempe sagu yang sudang matang dan ditiriskan bisa disimpan dalam stoples kedap udara agar tidak melempem.

Jangan lupa kunjungi kami: Arjuna citra indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

-Arjuna Citra Indonesia-