manfaat keripik buah belimbing
Categories:

Manfaat Buah Belimbing

manfaat buah belimbing

Ragam manfaat Buah Belimbing

Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang dalam program diet dan ingin mencapai berat badan ideal, buah belimbing adalah pilihan yang tepat sebagai salah satu menu diet Anda.Pasalnya, buah ini mengandung kalori yang rendah, yaitu 36 kalori saja. Ditambah lagi, kandungan serat di dalam belimbing termasuk tinggi. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda bisa jadi lebih cepat kenyang dan tidak makan secara berlebihan.

2. Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat makan buah belimbing adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan begitu, Anda juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung serta stroke karena rajin makan buah belimbing.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah belimbing juga memberikan manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, belimbing juga kaya antioksidan seperti flavonoid dan fenol.Menurut laman BetterHealth Channel, antioksidan berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.Oleh karena itu, buah belimbing dapat berperan besar dalam menjaga serta meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

4. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari buah belimbing adalah memperkecil peluang terkena kanker. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi dari jurnal Advances in Pharmacological Sciences. Studi tersebut bertujuan untuk menilai efek buah belimbing terhadap risiko kanker hati pada tikus.

5. Mencegah Maag

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan maag, Anda bisa mencoba mengonsumsi manfaat buah belimbing secara rutin. Sebuah penelitian dari Indonesian Journal of Global Health Research menyatakan bahwa belimbing diyakini dapat mencegah terbentuknya luka pada lambung. Ini berkat manfaat dari kandungan antioksidan di dalam buah belimbing, terutama flavonoid. Antioksidan membantu memperkuat lapisan dalam lambung sehingga mencegah timbulnya luka pada lambung.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan

Apabila Anda sering kali mengalami masalah pencernaan yang kurang lancar, seperti sembelit, buah belimbing bisa menjadi solusinya. Jenis serat yang ada di dalam belimbing adalah serat tak larut air alias insoluble fiber.

7. Manfaat Buah Belimbing Untuk Wajah

Asam oksalat dan vitamin A yang ditemukan dalam buah belimbing wuluh, dapat membantu mengurangi dan menenangkan jerawat yang meradang serta menyakitkan. Sementara itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membuat kulit lebih cerah, mengurangi flek hitam, dan menjaga kulit tetap kencang.

8. Manfaat Belimbing Untuk ibu Hamil

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Makan belimbing saat hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna memerangi bakteri dan virus.
  • Menjaga Kesehatan Mata.
  • Melancarkan Pencernaan.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.
  • Mencegah Kanker.
  •  Melancarkan Buang Air Kecil.
  • Mengurangi Kolesterol.

9. Manfaat Belimbing Untuk Diabetes

Jika kamu punya riwayat keluarga diabetes alias keturunan diabetes, belimbing adalah salah satu buah yang cocok kamu konsumsi. Alasannya, kandungan serat yang tidak larut pada buah ini bisa menghambat penyerapan glukosa. Alhasil, lonjakan gula darah bisa diantisipasi.

10. Manfaat Belimbing Untuk Diet

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat Anda tidak cepat lapar.

baca juga : cara membuat keripik pisang

Kandungan Dan Gizi Pada Buah Belimbing

Dalam satu buah belimbing berukuran sedang (91 gram), berikut kandungan gizinya:

  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 5 gram
  • Vitamin C: 52%
  • Vitamin B5: 4%
  • Folat: 3%
  • Zat besi: 6%
  • Kalium: 3%
  • Magnesium: 2%

Kandungan karbohidrat, senyawa karotenoid, asam organik, mineral, dan beberapa nutrisi penting lain

jangan lupa kunjungi youtube kami : arjuna citra indonesia

-Arjuna Citra Indonesia-