Categories:

Khasiat Jus Mentimun, Hebat Sekali !

Manfaat jus mentimun ternyata banyak berguna untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan jus mentimun mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti magnesium, phosphorus, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, zat besi, silika, kalsium, seng, vitamin K, dan vitamin C.

Selain itu, mentimun memiliki sifat diuretik serta efek pendingin yang membuat mentimun banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh dan kulit.

Berikut khasiat jus mentimun.

Menghidrasi Tubuh

Mentimun merupakan jenis buah yang terdiri dari 95% air dan dua senyawa, yakni asam askorbat dan asam caffeic. Kandungan tersebut mampu mencegah retensi air yang membuat tubuh tidak merasakan dehidrasi.

Kadar air yang tinggi dalam mentimun juga akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun atau yang dikenal sebagai detoksifikasi alami.

Bantu Kurangi Berat Badan

Dengan rajin mengonsumsi jus mentimun ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan jus mentimun kaya akan antioksida yang dapat meningkatkan metabolisme serta membantu penurunan berat badan.

Jus mentimun juga rendah akan kalori sehingga cocok bagi orang-orang yang tengah berusaha menurunkan berat badannya.

Tingkatkan Imunitas

Manfaat jus mentimun selanjutnya ialah mampu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini seperti yang dikatakan oleh  B.N. Sinha, ahli ayuverdic  yang mengatakan, bahwa mentimun bisa membantu memenuhi kebutuhan mineral, hormon, dan senyawa yang membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Kandungan antioksidan dalam mentimun juga bisa membantu tubuh untuk terhindar dari berbagai infeksi seperti virus dan bakteri.

Bantu Atur Tekanan Darah

Jus mentimun juga dipercaya mampu membantu mengatasi mengatasi hipertensi dan tekanan darah rendah. Dengan rutin mengonsumsi jus mentimun maka akna membantu mengatur tekanan darah agar tetap di batas normal. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium yang terdapat dalam jus mentimun.

Tingkatkan Penglihatan

Kehadiran vitamin A, bersama dengan antioksidan lainnya membantu melindungi penglihatan. Menurut International Research Journal of Farmasi dan Farmakologi, konsumsi jus mentimun secara teratur membantu menunda katarakogenesis atau katarak.

Mencegah Sembelit

Mentimun mengandung banyak air dan kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut. Baik air dan serat dalam mentimun dapat membantu makanan dicerna lebih cepat dan lebih muda, yang pada akhirnya membantu mencegah terjadinya sembelit.

Cegah Osteoporosis

Kandungan mineral seperti tembaga, magnesium, dan kalium dalam mentimun menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi jus mentimun secara teratur, maka akan membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang sehingga mencegah penyakit gangguan tulang seperti osteoporosis.

Kelola Kadar Hormon

Jus mentimun tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang, tetapi juga membantu menyeimbangkan kadar hormon. Mentimun juga dapat membantu mencegah kerusakan kelenjar pituitari dan tiroid.

Merawat Kulit

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, sepertinya Anda bisa menggunakan masker mentimun. Manfaat mentimun bisa berguna bagi kulit karena mengandung vitamin B5 yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat.

khasiat jus mentimun

Artikel ini telah dipost pada aci-agro.id dengan judul “Khasiat Jus Mentimun, Hebat Sekali !” dengan permalink : https://aci-agro.id/blog/khasiat-jus-mentimun/