Categories:

Khasiat & Manfaat Air Rebusan Jagung

Seperti diketahui, jagung merupakan salah satu bahan makanan sumber karbohidrat tinggi selain nasi. Dalam hal ini, jagung mempunyai kandungan karbohidrat sekitar 80 persen. Tidak heran, jika sebagian orang memilih konsumsi jagung untuk memenuhi asupan karbohidrat pengganti nasi. Sebab, jagung juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi tubuh dapat terpenuhi dengan baik.Jagung biasanya dianggap sayuran, tetapi sebenarnya biji-bijian, kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kamu pasti suka makan jagung, baik dengan cara dibakar, direbus, ataupun diolah menjadi berbagai olah makanan bahkan minuman yang lain. Tapi tahukah kamu ternyata bukan hanya jagungnya saja loh yang sangat bermanfaat dan memiliki berbagai kandungan yang banyak dan menyehatkan tubuh. Faktanya, air hasil rebusan jagung ini juga sangat bermanfaat dan dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan untuk berbagai jenis penyakit. Nah, apa saja sih manfaat air rebusan ini bagi kesehatan tubuh, Yuk simak faktanya berikut ini !

1. Mengatasi kolesterol jahat

Manfaat air rebusan biji jagung yang pertama yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan jagung yang masih muda. Dalam hal ini, jagung muda mempunyai kandungan antioksidan jenis flavonoid yang cukup tinggi.

Kandungan ini dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik, dan terhindari dari risiko penyakit jantung koroner.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa merebus 3 buah jagung tanpa kulit dengan 10 gelas air. Rebus hingga air mendidih, kemudian sisakan air menjadi 8 gelas. Dan air rebusan ini siap dikonsumsi dalam 1 hari. Hasil yang lebih maksimal, ramuan ini dapat diminum secara rutin setiap hari.

2. Mengobati diabetes

Manfaat yang selanjutnya berguna untuk penderita diabetes, yang tidak lain dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dalam hal ini, diketahui jagung memiliki kandungan gula alami yang lebih sehat dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Bahkan sudah terdapat produk pengganti gula yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Selain produk tersebut, Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi air rebusan biji jagung secara rutin.

Caranya cukup mudah, rebus jagung bersama dengan tangkainya dengan air secukupnya. Rebus hingga air mendidih, dan tuangkan air rebusan biji jagung ke dalam gelas. Tunggu hingga suhu air sedikit lebih hangat, dan ramuan air rebusan jagung siap diminum. Ramuan ini dapat diminum rutin 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan 

3. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan flavonoid yang ada pada air rebusan biji jagung muda, selain dapat menghalau kolesterol juga dapat mencegah serangan darah tinggi atau hipertensi karena kemampuannya mencegah penyempitan yang terjadi pada area pembuluh darah. Usahakan merebus jagung muda bersamaan dengan bagian rambutnya karena di sinilah manfaat rebusan jagung berasal.

4. Menghentikan Kebiasaan Mengompol Anak

Kebiasaan mengompol saat tidur pada anak sebetulnya merupakan hal yang normal karena pada dasarnya tubuh anak belum memiliki sistem yang mampu menghentikan keluarnya urine pada sat ia tidur. Namun jika anak sudah dirasa cukup besar namun kebiasaan mengompol masih saja terjadi, maka air rebusan biji jagung bisa membantu. Berikan satu cangkir air rebusan jagung sesaat sebelum anak beranjak tidur.

5. Mengatasi Batu Ginjal

Seperti diketahui, batu yang terdapat di dalam ginjal merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat mengganggu proses pembuangan urine.

Tidak heran, orang yang menderita gangguan ini merasakan sakit saat buang air kecil. Namun, kondisi ini bisa diminimalisir dengan mengonsumsi air rebusan jagung ini. Cara ini dinilai dapat membantu mengeluarkan batu ginjal secara perlahan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, bisa merebus 4 buah jagung muda dengan menambahkan 1 genggam rambut jagung, dan 8 helai daun keji beling segar di dalamnya. Rebus dengan 110 ml air hingga mendidih. Dan minum air  rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

6. Mengatasi Batu Empedu

Selain itu, kadar kolesterol yang menumpuk tersebut juga bisa mengubah penumpukan menjadi kristal dan mengeras yang kemudian akan berubah menjadi batu empedu. Dengan mengonsumsi air rebusan jagung ini, maka sudah cukup untuk membuat anda terhindar dari masalah batu empedu. Agar khasiatnya lebih maksimal, anda bisa merebus jagung bersama dengan daun kumis kucing yang diminum setiap hari hingga masalah batu empedu bisa disembuhkan.

Sekian informasi yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat !