Categories:

Makanan Untuk Kesehatan Pencernaan

Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh. Secara garis besar, organ di dalam sistem pencernaan berfungsi mengolah segala asupan makanan dan membuang sisanya.

Apabila kinerjanya tidak seimbang, maka pencernaan dapat terganggu sehingga menimbulkan sakit perut, kembung, kram, gas, diare, dan sembelit.

Kondisi tertentu, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS), Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), Crohn’s Disease, dan divertikulitis juga dapat membuat Anda berisiko mengalami masalah pencernaan yang lebih parah.

Oleh karena itu kita wajib menjaga kesehatan saluran pencernaan, salah satunya dengan memilih makanan yang tepat. Berikut adalah makanan yang baik untuk pencernaan Anda.

1. Yogurt

Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh bakteri asam laktat. Yoghurt juga merupakan bahan makanan yang mengandung bakteri baik dan dikenal sebagai probiotik.

Bakteri baik ini dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan serta menjaga kesehatan usus Anda. Probiotik dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti kembung, sembelit, dan diare.

2. Apel

Apel adalah buah yang kaya akan pektin dan serat. Saat di dalam pencernaan, pektin akan dipecah oleh bakteri baik di usus besar Anda.

Hasilnya, pektin akan meningkatkan volume feses.

Oleh sebab itu, biasanya pektin kerap digunakan sebagai cara mengatasi sembelit dan diare. Serat ini juga telah terbukti menurunkan risiko infeksi usus serta pembengkakan di usus besar.

3. Pepaya

Buah pepaya mengandung papain dan chymopapain, yakni enzim yang mendukung kinerja sistem pencernaan dengan membantu memecah protein. Meski masih diperlukan lebih banyak penelitian, konsumsi pepaya bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi kebutuhan serat harian Anda.

Baca juga : Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

4. Daun Mint

Daun mint dapat meredakan gangguan pencernaan dan ampuh membantu beberapa gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus. Bahan alami ini bisa membantu memperlambat kinerja otot perut atau mengurangi risiko kejang yang dapat memicu rasa mual.

Khasiat lain dari daun mint adalah ampuh melancarkan pergerakan udara yang menumpuk di saluran pencernaan. Udara tersebut adalah penyebab dari rasa kembung, kram perut, dan lainnya.

Selain itu, daun mint juga memiliki efek memperlancar pergerakan usus dan meningkatkan fungsi kerja saluran empedu.

5. Tempe

Tempe  adalah makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai. Selama difermentasi, asam fitat di dalam kedelai akan dipecah karena dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu.

Maka itu, proses fermentasi tempe ini memiliki khasiat yang bisa meningkatkan fungsi pencernaan dalam menyerap nutrisi. Tempe juga merupakan sumber probiotik baik yang bisa melindungi usus dari bakteri jahat.

Itulah makanan yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Tetap jaga kesehatan pencernaan Anda dengan makan makanan yang bergizi.

6. Jahe

Jahe membantu menghalau mual dan membantu menenangkan ketidaknyamanan di perut. Karena khasiatnya tersebut, jahe sering dianjurkan untuk dikonsumsi mereka yang mengalami mual saat hamil, usai pembedahan, dan setelah menjalani kemoterapi.

Tambahkan jahe kering ke dalam teh, bumbu, makanan yang dipanggang, atau parut jahe segar ke dalam saus salad dan smoothie Anda. Khasiatnya ampuh menghangatkan tubuh. Tak hanya itu, jahe juga dapat mengurangi keluhan akibat produksi gas berlebihan di dalam saluran cerna.

7. Kiwi

Buah kiwi amat berkhasiat karena mengandung enzim yang membantu kinerja pencernaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Advance in Food and Nutrition Research menemukan, kandungan enzim actinidin di dalam buah kiwi dapat membantu mencerna makanan sehingga bisa memperlancar kinerja sistem pencernaan.

Itulah makanan yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan. Tetap jaga kesehatan pencernaan Anda agar dapat beraktivitas dengan baik.

Sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

Makanan untuk kesehatan pencernaan

Artikel ini telah dipost pada aci-agro.id dengan judul “Makanan Untuk Kesehatan Pencernaan” dengan permalink https://aci-agro.id/blog/makanan-untuk-kesehatan-pencernaan/

One thought on “Makanan Untuk Kesehatan Pencernaan

Comments are closed.