Categories:

Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Mangga  atau mempelam  adalah nama  sejenis buah , demikian pula nama  pohonnya . Mangga termasuk ke dalam  genus Mangifera , yang terdiri dari 35-40 anggota dari  famili Anacardiacea.

Baca juga: cara membuat rempeyek kacang

Nama ” mangga ” berasal dari bahasa  Tamil mankay , yang berarti  man  “pohon mangga” +  kay  “buah”. Kata ini dibawa ke  Eropa  oleh orang-orang  Portugis  dan diserap menjadi  manga  ( bahasa Portugis ),  mango  ( bahasa Spanyol  dan  Inggris ) dan lainnya.

Keterangan pangan dari indonesia kandungan gizi buah mangga

  1. 1,5 – 2 gram serat
  2. Karbohidrat 15 gram 
  3. 1 – 1,5 gram protein
  4. 55 – 60 mikrogram vitamin A
  5. 35 – 60 mg  vitamin C

kandungan gizi dan nutrisi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk ibu tetapi juga untuk perkembangan janinnya.

baca juga: jamur

A. Manfaat buah mangga untuk ibu hamil

Sama seperti buah lainnya, mangga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam mangga diantaranya adalah vitamin (A, B, dan C), asam folat, kalsium, zat besi, dan magnesium. Dengan kandungan gizi tersebut, mangga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi saat hamil. Antara lain:

1 . Mengandung asam folat

untuk perkembangan janin Asam folat dalam buah bermanfaat untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Asam folat membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin
2. Mengandung vitamin C

Per 165 gram buah jeruk terdapat 60 mg vitamin C. Jumlah ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk ibu hamil. Menurut publikasi dalam jurnal 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah mangga merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil.

4. Memberikan antioksidan

yang berlimpah untuk ibu hamil dapat dirasakan dengan kandungan antioksidannya yang berlimpah. kaya akan beta-karoten yang merupakan antioksidan. Antioksidan dalam terbukti melawan radikal bebas.

B. Risiko Makan Mangga saat Hamil

Meski bermanfaat untuk tubuh, makan mangga saat hamil tidak boleh berlebihan. Sebab, makan mangga berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan, seperti mulas dan diare. Pada wanita yang alergi dengan mangga, buah ini juga dapat memicu reaksi alergi. Bahkan, kandungan gula yang tinggi dalam mangga juga dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan hamil dan risiko diabetes gestasional.

Agar mendapat manfaat yang maksimal, pastikan ibu menjaga kebersihan buah mangga dan kebersihan tangan sebelum mengolah dan mengonsumsinya. Cuci buah mangga terlebih dahulu, kupas kulitnya, lalu potonglah sesuai selera. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi daging buah mangga secara langsung dari kulitnya. Pasalnya, kandungan gula yang terdapat pada mangga tergolong tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat buah mangga untuk ibu hamil ini, Bumil dapat langsung mengonsumsinya atau diolah menjadi jus segar. Namun, sebaiknya jangan lupa untuk mencuci buah mangga ini terlebih dahulu, ya.

Saat memilih buah mangga, pilihlah buah yang kulitnya tidak rusak dan disarankan membeli buah mangga yang matang secara alami, bukan dengan bahan kimia, karena justru bisa meracuni ibu hamil dan janin.

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, jika Bumil memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau memiliki alergi terhadap buah mangga, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah ini.

C. Waspadai juga Efek Sampingnya

Meski bermanfaat, mengonsumsi mangganyatanya bisa memicu efek samping. Mangga muda yang terlalu asam dan dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah baru, seperti peningkatan asam lambung dan perut kembung.

Makan mangga muda saat hamil boleh-boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Supaya bisa memperoleh manfaat mangga muda untuk ibu hamil, #JagaSehatmu dengan mengkombinasikannya bersama makanan bergizi lainya. Imbangi dengan makan sayuran, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang baik untuk kehamilan.

baca juga: manfaat buah apel

– Arjuna Citra Indonesia –