bisnis buah pisang
Categories:

Manfaat Buah Pisang

manfaat pisang raja sereh

manfaat buah pisang

Baca juga: Keripik bawang bombay

Manfaat buah pisang

  •  Baik bagi kesehatan otak

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, di dalam pisang terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kandungan ini ternyata sangat baik bagi kesehatan otak

  •  Bisa menyediakan energi

Di dalam pisang terdapat kandungan gula alami dan serat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

  • Bisa memperlancar saluran pencernaan

Pisang tinggi kandungan serat. Kandungan ini dikenal luas baik bagi kesehatan pencernaan karena bisa mencegah datangnya masalah sembelit kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

  • Baik untuk diet

Di dalam pisang terdapat kandungan karbohidrat berjenis resistant starch yang bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

  •  Menghalau Penuaan Dini

Salah satu ketakutan terbesar wanita adalah penuaan dini, yang ditandai dengan kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur.

  • Mendukung program diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena indeks glikemik-nya juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan tiba-tiba.

Makanan tinggi serat bisa memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Hasilnya, berat badan Anda pun bisa berangsur-angsur turun.

 

  •  Menurunkan risiko kanker usus besar

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

  •  Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh Anda pun akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

  • Memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak

Pisang kaya akan kalium, mineral yang penting untuk memelihara fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak bisa lebih lancar dengan mengonsumsi pisang. Belum lagi, kalium pada pisang yang turut mengurangi risiko stroke dan hipertensi.

  •  Memenuhi kebutuhan zat besi dan mengatasi anemia

Buah satu ini adalah salah satu sumber zat besi yang baik. Mineral tersebut dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehat. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan kondisi kurang darah alias anemia.

Bila Anda memiliki kondisi tersebut, cobalah konsumsi pisang secara rutin guna mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein dalam darah yang mengandung zat besi.

  •  Melengkapi asupan magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Mineral tersebut diperlukan untuk membentuk protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, memproduksi energi, serta mengendalikan kadar gula dan tekanan darah.

Kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual dan muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung. Nah, mengonsumsi pisang dapat membantu mencegah risiko masalah-masalah tersebut.

  •  Membantu mencukupi kebutuhan mangan

Mangan ialah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino.

Selain itu, mangan juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang kuat dan penyembuhan luka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang rendah dalam tubuh.

Ditambah lagi, mangan diyakini dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Manfaat buah pisang ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun diolah menjadi jus.

  •  Meningkatkan mood

Pisang termasuk dalam “mood food,” yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon ini menyebabkan timbulnya perasaan senang.

Manfaat pisang tersebut berasal dari kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan-nya. Bahkan, makan pisang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Triptofan akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh, yang juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Sedangkan magnesium pada pisang membantu merelaksasi otot-otot tubuh.

Kandungan nutrisi pada pisang

at yang bisa Anda dapatkan dari konsumsinya, di bawah ini berbagai kandungan gizi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang.
  • Air: 67,8 gram
  • Energi: 128 kalori
  • Protein: 0,8 gram
  • Proterin: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 30,2 gram
  • Serat: 8,1 gram
  • Kalsium: 12 miligram
  • Fosfor: 28 miligram
  • Natrium: 3 miligram
  • Kalium: 382,0 miligram

Pisang juga mengandung berbagai mineral seperti beta karoten, vitamin B kompleks, Vitamin C, dan niasin.

Jangan lupa kunjungi: Arjuna citra indonesia.

-Arjuna Citra Indonesia-