Categories:

manfaat jagung untuk ibu hamil

j

Manfaat jagung untuk ibu hamil

Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Keterangan dari pangan di indonesia kandungan gizi jagung

  • Serat
  • Protein
  • Karbohidrat kompleks Mineral berupa kalium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, dan folat Vitamin, seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin C Antioksidan, seperti asam fenolat, zeaxhantin dan lutein

Manfaat jagung untuk ibu hamil

  1. Membantu Mengatasi Sembelit

Jagung rebus adalah sumber serat yang baik, sehingga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, yang mungkin ibu alami selama awal kehamilan.

  1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Jagung mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kelainan pada bayi yang belum lahir, seperti Spina Bifida.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat jagung rebus juga bisa meningkatkan daya ingat ibu selama masa kehamilan, sehingga ibu hamil bisa mengingat semua barang kebutuhan yang ingin dibeli tanpa perlu membuat daftar belanjaan. Makanan sehat yang satu ini juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin.

Baca juga: keripik rambutan

  1. Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Jagung juga kaya akan antioksidan seperti lutein yang berperan dalam meningkatkan penglihatan bayi sebelum ia dilahirkan. Selain itu, kandungan zat karotenoid dalam jagung yang disebut zeaxanthin juga bisa membantu mencegah degenerasi makula mata.

     5.Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Tetap Kuat

Beta karoten dalam jagung menyediakan vitamin A yang dibutuhkan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, serta pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

6. Melancarkan saluran pencernaan

Jagung mengandung serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan. Serat ini akan dicerna lebih lama dan dapat membuat saluran pencernaan lebih aktif. Karena mengandung serat, jagung dapat dikonsumsi untuk meringankan dan mencegah sembelit.

7. Menyehatkan mata

Jagung mengandung antioksidan zeaxantin dan lutein. Jenis nutrisi ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.