Categories:

Manfaat Jus Naga

Manfaat Jus Naga

Manfaat jus naga yaitu dengan rendah kalorinya tetapi dia diperkaya dengan vitamin dan mineral penting. Selain itu,  juga mengandung sejumlah besar serat makanan.

baca juga: manfaat jus apel hijau

Terdapat dua jenis buah naga yang bisa dijumpai, buah naga berdaging putih dan berdaging merah. Keduanya sama-sama bernutrisi. Akan tetapi buah naga merah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi. Hal ini membuat banyak orang tidak ragu untuk mengonsumsi serta mendapatkan manfaat jus buah naga.

Warna merah pada buah naga juga didapatkan karena kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin merupakan antioksidan kuat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat jus buah naga bisa dikonsumsi oleh siapa saja, namun dengan porsi yang wajar.

Buah naga juga memiliki antioksidan bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin. Nah, berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jus buah naga secara rutin:

A. Macam-macam keunggulannya sebagai berikut:

 

1. Mengurangi risiko terkena penyakit

Kandungan dalam jus buah naga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Studi dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, dan kanker.

2. Meningkatkan imun

Tubuh Jus buah naga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memerangi batuk dan asma. Tak hanya itu, buah naga juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka dengan cepat karena kandungan vitamin C di dalamnya.

3. Melancarkan pencernaan

Untuk melancarkan pencernaan terletak pada kandungan prebiotiknya. Prebiotik berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda. Dilansir dari jurnal Food Chemistry, prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di lambung.

4. Membantu melawan penyakit kronis 

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil rentan menimbulkan kerusakan sel, sehingga berisiko menyebabkan peradangan dan penyakit. Nah, salah satu cara untuk melawannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas. Hal ini diyakini dapat mencegah kerusakan sel dan peradangan pada tubuh. Studi berjudul The oxidative stress theory of disease: levels of evidence and epistemological aspects menunjukkan hasil menarik. Studi tersebut menemukan kalau diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis. Mulai dari diabetes, radang sendi, penyakit jantung, hingga kanker.

5. Meningkatkan keseimbangan bakteri 

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi jus naga secara rutin adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Nah, usus manusia merupakan “rumah” bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri.

Banyak ahli yang beranggapan kalau komunitas mikroorganisme yang ada pada usus berdampak pada kesehatan manusia.

B. Nutrisi Utama Dalam Porsi Satu Cangkir Buah Naga

Buah naga rendah kalori tetapi diperkaya dengan vitamin dan mineral penting. Selain itu, buah naga juga mengandung sejumlah besar serat makanan.

Berikut adalah gambaran nutrisi utama dalam porsi satu cangkir buah naga dengan berat sekitar 227 gram:

  • Kalori: 136 kkal.
  • Protein: 3 gram.
  • Lemak: 0 gram.
  • Karbohidrat: 29 gram.
  • Serat: 7 gram.
  • Zat besi: 8 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian.
  • Magnesium: 18 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 9 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian.
  • Vitamin E: 4 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian.

 

baca juga: manfaat buah apel

– Arjuna Citra Indonesia –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *