Categories:

Mengasah Kemampuan Public Speaking

Dunia presentasi selamanya akan berhubungan dengan kemampuan berbicara di depan umum atau public speakingJika Anda ingin menjadi seorang presenter yang andal, atau setidaknya mampu menyampaikan presentasi dengan baik dan efektif, maka Anda harus menguasai teknik public speaking.

So, ada beberapa cara yang yang sebaiknya Anda lakukan untuk meningkatkan atau mengasah kemampuan Anda dalam public speakingseperti :

1. Melatih rasa percaya diri Anda

Ada beberapa penyebab mengapa suara seseorang menjadi tidak begitu jelas terdengar. Bahkan ketika sudah menggunkan mic-pun, ada orang yang suaranya tidak jelas terdengar.

Penyebab paling utama dari hal tersebut adalah kurangnya rasa percaya diri yang ada dalam diri si presenter. Jika Anda harus berbicara di depan umum atau di hadapan audiens dengan kurang rasa percaya diri, maka Anda akan gugup atau grogi.

Rasa gugup inilah yang dapat membuat suara Anda menjadi lemah. Anda menjadi cemas, sehingga hal itu mempengaruhi volume suara Anda.

Selain itu, kurangnya rasa percaya diri juga bisa membuat Anda menjadi kurang antusias dalam presentasi.

Melatih rasa percaya diri ini bisa Anda lakukan dengan berlatih menyampaikan presentasi di hadapan orang-orang terdekat Anda. Misalnya anggota keluarga atau teman-teman Anda.

Ingat saja, berbicara di depan 1 atau 2 orang itu rasanya sama saja dengan berbicara di depan 100 orang. Kalau Anda sudah tampil meyakinkan di depan orang-orang terdekat tersebut, maka Anda juga pasti akan bisa berbicara dengan baik di depan para audiens.

2. Melatih Suara Anda

Selain disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri, suara yang tidak terdengar jelas juga bisa disebabkan karena memang ada masalah pada cara bicara Anda. Anda tidak terbiasa untuk menggunakan power suara Anda dengan baik, sehingga suara Anda jadi pelan atau volumenya tidak pas.

Saat berbicara, apalagi berbicara di hadapan umum, Anda harus dapat mengatur power suara Anda. Power suara seseorang akan menjadi kurang baik jika dia tidak terbiasa untuk memadukan suara dada dan suara perut.

Suara perut adalah suara yang keluar dengan cara memberi penekanan pada perut, bukan pada leher. Jika Anda menggunakan suara perut, maka suara Anda akan terdengar lebih bulat dan jelas.

Suara perut ini dapat dilatih dengan melakukan latihan napas. Berlatihlah secara teratur bagaimana bernapas menggunakan rongga perut, bukan dengan rongga dada. Jika Anda sudah terbiasa untuk bernapas melalui perut, maka Anda juga akan lebih mudah untuk mengeluarkan suara perut.

Perhatikan juga masalah resonansi suara. Resonansi adalah faktor yang bisa memperkuat suara Anda. Teknik resonansi ini bisa Anda latih dengan cara menutup mulut Anda, lalu mengucapkan ‘mmmmhhh’ dengan suara dada. Setelah itu, cobalah berbicara dengan memadukan suara dada dengan suara perut.

Sepertinya memang sulit. Tapi jika Anda tekun berlatih, maka lama-kelamaan Anda akan menemukan cara berbicara yang pas untuk melakukan public speaking. 

3. Berlatih dengan Membacakan Dongeng untuk Anak-Anak

Membacakan dongeng untuk anak-anak ternyata dapat membantu meningkatkan kemampuan public speaking Anda. Hal ini karena membacakan dongeng membutuhkan skill agar dongeng tersebut menjadi lebih hidup dan disukai oleh anak-anak yang mendengarkannya.

Waktu membaca dongeng, selain volume suara dan pengucapan yang jelas, juga membutuhkan irama yang sesuai dengan dongeng tersebut. Saat membaca dongeng, ada kalanya Anda harus bersuara pelan, bersuara keras, atau berbicara lirih. Anda juga harus bisa mengungkapkan ekspresi dari apa yang dialami oleh tokoh-tokoh dongeng tersebut.

Ini tentu sangat berguna bagi Anda saat harus menyampaikan presentasi di hadapan audiens. Di hadapan audiens, Anda juga dituntut untuk bisa memainkan volume suara Anda, serta irama saat berbicara. Kadang-kadang Anda harus berbicara pelan, tapi juga kadang-kadang harus berbicara cepat, sesuai dengan materi presentasi yang diberikan.

4. Menonton Video Presentasi

Saat ini di internet sudah banyak video yang dibagikan secara gratis, termasuk video presentasi-presentasi kelas dunia. Anda bisa melihatnya di TED.com. Di situ Anda bisa mempelajari bagaimana para presenter dari seluruh dunia menyampaikan materi presentasinya.

Pilihlah yang paling sesuai dengan Anda, lalu amati caranya berbicara. Perhatikan dan pelajari juga bagaimana bahasa tubuhnya saat berbicara di depan audiens, serta apa saja materi pelengkap presentasi yang diberikannya dan bagaimana caranya menyampaikan hal itu kepada audiensnya.

Setelah itu, sesuaikan apa yang mereka lakukan itu dengan gaya dan kepribadian Anda. Jangan paksakan gaya dan cara mereka melakukan presentasi, kalau hal itu tidak sesuai dengan diri Anda. Pilih saja yang pas dengan Anda.

Selain melakukan hal-hal di atas, kalau Anda merasa masih kurang, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan profesional. Carilah pelatihan-pelatihan atau public speaking yang terpercaya. Dengan berlatih khusus menyampaikan presentasi atau public speaking, maka Anda akan dapat menemukan cara yang tepat untuk mengasah kemampuan tersebut dalam diri Anda.

mengasah kemampuan public speaking

mengasah kemampuan public speaking

mengasah kemampuan public speaking

Artikel ini telah dipost pada aci-agro.id dengan judul “Mengasah Kemampuan Public Speaking” dengan permalink https://aci-agro.id/blog/mengasah-kemampuan-public-speaking/