Categories:

Menu Makanan Sehat Bergizi

Makanan merupakan kebutuhan utama manusia untuk bertahan hidup. Ada beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi, tapi tidak semua makanan memiliki nilai gizi yang baik sehingga saat dikonsumsi justru akan merusak tubuh.

Tidak ada salahnya memulai tahun baru dengan kebiasaan baru yang lebih sehat.

Tak perlu merencanakan serangkaian latihan keras atau diet ketat. Anda cukup memulainya dengan menambahkan beberapa jenis makanan bernutrisi ke pola makan sehari-hari.

Berikut ini adalah untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

1. Sayuran hijau 

Ahli nutrisi Dr. Penny Kris-Etherton, PhD, RD mengatakan, sayuran hijau adalah makanan rendah kalori tetapi mengandung banyak nutrisi. Nutrisi yang terkandung antara lain serat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, selenium, seng, dan besi.

Sayuran hijau juga merupakan sumber flavonoid serta karotenoid yang dapat membantu menangkal penyakit inflamasi dan kronis.

2.  Ikan dan makanan laut 

Dr. Kris-Etherton mengungkapkan asam lemak omega-3 dapat memberikan keajaiban bagi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kematian jantung mendadak, dan pembekuan darah. Ini karena asam lemak omega 3 membuat lapisan arteri (pembuluh darah) menjadi halus dan bebas dari kerusakan.

“Asam lemak omega 3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan membantu menurunkan tekanan darah,” kata Dr. Kris-Etherton. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan dan makanan laut sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga : Ide Sarapan Tinggi Protein

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu contoh menu makanan sehat pencegah diabetes.

Pasalnya, kacang mengandung magnesium dan lemak tak jenuh yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kacang juga mengandug serat yang baik untuk proses pencernaan.

4.  Biji-bijian utuh 

Biji-bijian utuh adalah sumber serat. Makanan ini merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh untuk saluran pencernaan yang sehat. Selain itu, biji-bijian juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Inilah salah satu alasan mengapa roti gandum dikatakan lebih baik dibandingkan roti putih. Sebab, roti gandum mengandung serat esensial. Sedangkan kebanyakan roti putih dan karbohidrat olahan telah kehilangan kualitas alami tersebut.

Sementara itu, Dr. Kris-Etherton menunjukkan, serat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL, mencegah penggumpalan darah kecil, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Beberapa biji-bijian utuh yang bisa dikonsumsi antara lain gandum, quiona, beras merah, dan gandum hitam.

5. Jus Buah

Jus buah juga bisa menjadi pelengkap menu sarapan sehat kamu.

Buah yang mengandung banyak vitamin tentu sangat menyegarkan dikonsumsi pada pagi hari.

Jika bosan dengan jus, kamu bisa membuat smoothies.

Bedanya dengan jus biasa, smoothies mencampurkan es batu, yoghurt, madu, dan susu kental manis untuk menambah rasa segar dan manis.

Sekian informasi yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang pada aci-agro.id dengan judul “Menu Makanan Sehat Bergizi” dengan permalink https://aci-agro.id/blog/menu-makanan-sehat-bergizi/