Categories:

Metode Pembekuan Freeze Drying

Pengeringan beku (freeze drying) adalah salah satu metode pengeringan yang mempunyai keunggulan dalam mempertahankan mutu hasil pengeringan, khususnya untuk bahan-bahan yang tidak tahan panas. Prinsip dasar pengeringan menggunakan metode freeze drying adalah lebih menitikberatkan pada proses penghilangan kandungan air dalam suatu bahan atau produk yang telah membeku tanpa melalui tahapan fase cair terlebih dahulu. Dalam penerapan freeze drying ini menggunakan alat bernama Freeze dryer yang termasuk pada jenis pengeringan berupa Conduction Dryer atau Indirect Dryer. Hal ini dikarenakan proses perpindahan yang terjadi secara tidak langsung antara bahan yang akan dikeringkan dengan media pemanas terdapat media pembatas, sehingga air yang menguap dari bahan tidak bersamaan dengan media pemanas tersebut.

Baca Juga : Tips Mengolah Makanan Sehat

Salah satu produk olahan yang menggunakan metode pengeringan berupa freeze drying ini adalah daging-dagingan. Kelebihan dari proses freeze drying ini adalah hasil pengeringan yang dilakukan tidak menyebabkan keriput pada perrmukaan bahan yang dikeringkan. Selain itu juga pengeringan ini tidak menyebabkan perubahan warna pada produk, dan mudah untuk melakukan penyegaran kembali setelah dikeringkan. Oleh karena itu, biasanya proses pengeringan menggunakan metode freeze drying ini akan menambah nilai jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan produk sama yang dilakukan tanpa menggunakan pengeringan freeze drying. Pada proses pengeringan freeze drying ini tahapan utamanya adalah pembekuan dan pengeringan (sublimasi).

Dari proses pengeringan freeze drying ini memiliki ciri khas atau karakteristik berupa produk yang dihasilkan ringan, mudah disimpan di tempat non-refrigerator, dan sangat tahan terhadap lingkungan yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur, kapang dan sejenisnya. Selain itu juga, poses pengeringan freeze drying yang dilakukan pada saat suhu rendah ini juga menghasilkan produk yang lebih tahan lama dengan kualitas yang sama berupa warna dan tekstur khas dari produk.

Sekian informasi yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

pembekuan freeze drying

Artikel ini telah dipost di aci-agro.id dengan judul “Metode Pembekuan Freeze Drying” dengan permalink : https://aci-agro.id/blog/metode-pembekuan-freeze-drying/