Categories:

Jenis Olahraga Anak Selama Pandemi

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan tubuh si kecil sangatlah penting. Anda tentu tak ingin buah hati tercinta terserang sakit di tengah pandemi, bukan? Selain menjaga asupan nutrisi, aktivitas olahraga juga penting untuk dilakukan. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pilihan aktivitas olahraga anak.

Orang tua bisa memilih beberapa jenis aktivitas olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh anak di rumah. Meskipun tak bisa leluasa beraktivitas di luar rumah, anak tetap bisa berolahraga di dalam rumah. Berikut adalah macam-macam olahraga yang bisa dilakukan anak selama masa pandemi.

1. Lempar Tangkap Bola

Ada banyak jenis olahraga yang sebenarnya bisa dicoba di rumah. Salah satunya adalah lempar tangkap bola. Aktivitas ini mungkin sangat sederhana tapi lumayan untuk melatih kekuatan fisik anak. Mama bisa mengajak anak untuk bermain lempar tangkap di halaman rumah.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

2. Senam

Olahraga yang ringan, menyenangkan, dan bisa dilakukan di rumah adalah senam. Anda bisa menggunakan musik pengiring seru agar anak semakin bersemangat. Supaya gerakan senam lebih terarah, Anda juga bisa menggunakan panduan dari video Youtube.

3. Bermain Hula Hoop

Pilihan aktivitas olahraga yang tak kalah menyenangkan berikutnya adalah bermain hula hoop. Anda bisa mengajak si kecil bermain hula hoop bersama. Permainan ini pasti akan terasa menyenangkan dan membuat anak tidak merasa bosan di rumah.

4. Menari

Selain senam, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk beraktivitas fisik lewat menari. Putar lagu kesukaan si kecil agar ia merasa bersemangat dan lakukan gerakan-gerakan yang seru. Menari bisa jadi salah satu aktivitas fisik yang tidak terasa membosankan bahkan bisa membuat anak ketagihan.

5. Lompat Tali

Selama pandemi, lebih baik pilih aktivitas olahraga yang simpel. Salah satunya adalah bermain lompat tali. Anda bisa mengajak si kecil bermain lompat tali sambil menghitung. Permainan ini akan terasa menyenangkan sekaligus menyehatkan untuk anak.

Manfaat Olahraga pada Anak selama Pandemi

Mengapa olahraga perlu dilakukan oleh anak-anak di masa pandemi ini? Tentu hal ini disebabkan oleh adanya banyak manfaat yang bisa didapatkan lewat aktivitas olahraga tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga bagi anak selama masa pandemi :

  • Menghilangkan rasa bosan di rumah
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Melatih kekuatan fisik
  • Menyeimbangkan metabolisme
  • Mencegah gangguan mental pada anak selama pandemi

Itulah pembahasan singkat mengenai aktivitas olahraga anak. Orang tua memang harus aktif memberikan anak kegiatan yang bermanfaat dan menyehatkan, salah satunya berolahraga. Lakukan aktivitas ini secara rutin setiap hari demi tubuh dan mental yang sehat.

 

Artikel ini telah tayang pad aci-agro.id dengan judul “Jenis Olahraga Anak Selama Pandemi” dengan permalink https://aci-agro.id/blog/olahraga-anak-selama-pandemi/