keripik sayur bayam
Categories:

Segudang Manfaat Keripik Sayur Bayam

Bayam adalah sayuran yang sudah sangat kita kenal di Indonesia, bayam mungkin menjadi sayur favorit banyak orang. Bayam juga mudah ditemui, rasanya lezat, dan harganya terjangkau. Karena itulah bayam menjadi sayuran yang sangat digemari.

Selain karena rasanya lezat, mudah ditemui, dan harganya terjangkau, bayam juga digemari karena memiliki nutrisi yang baik dan menyehatkan. Kandungan gizi bayam sangat baik, kandungan tersebut adalah :

  • Provitamin A: Bayam kaya akan karoten, yang kemudian akan diubah tubuh Anda menjadi vitamin A.
  • Vitamin C: Vitamin C adalah molekul antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit, serta berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.
  • Vitamin K1: Merupakan vitamin yang sangat esensial untuk pembekuan darah. Satu helai daun bayam mengandung lebih dari setengah kebutuhan harian kita terhadap vitamin K1.
  • Vitamin B9: Dikenal juga sebagai folat atau asam folat, vitamin B9 sangat penting untuk wanita hamil. Vitamin ini juga krusial agar fungsi sel dan pertumbuhan jaringan tetap normal.
  • Sayur bayam juga mengandung vitamin lain, seperti vitamin B6 dan vitamin E.
  • Zat besi: Zat besi boleh jadi signature dari sayur bayam. Zat besi membantu dalam produksi hemoglobin, yakni komponen sel darah merah yang penting untuk transportasi oksigen ke seluruh tubuh.
  • Kalsium: Merupakan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kalsium juga berperan dalam penyampaian sinyal untuk sistem saraf, jantung, dan otot.
  • Magnesium: Mineral ini berperan dalam metabolisme energi, menjaga fungsi saraf dan otot, mengatur ritme jantung, serta memelihara sistem imun. Bahkan, magnesium juga penting untuk mengendalikan tekanan darah.

Kandungan tersebut menyebabkan bayam memiliki banyak manfaat untuk tubuh, manfaat yang terkandung dalam bayam, yaitu :

  1. Menjaga kesehatan mata

Bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran. Mata manusia juga mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi, yang melindungi mata manusia dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

  1. Mencegah kanker

Bayam mengandung dua komponen, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian, senyawa ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor pada serviks sekaligus mengurangi ukuran tumor.

Beberapa penelitian pada manusia menghubungkan konsumsi bayam dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria. Bayam juga dapat membantu mencegah kanker payudara pada wanita.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi pada 27 orang menemukan bahwa makan bayam efektif menurunkan tingkat tekanan darah.

  1. Kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat dan air pada bayam diketahui memiliki manfaat pada sistem pencernaan. Konsumsi bayam dipercata dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat.

  1. Mencegah asma

Bayam juga diketahui memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi. Senyawa ini dapat membantu penderita asma mengurangi gejala yang dialami. Selain itu, sayuran ini juga mengandung magnesium. Magnesium dapat menjadi pengobatan darurat yang efektif untuk serangan asma.

Bagaimana readers? Manfaatnya bagus kan banget kan untuk tubuh?? Pasti habis ini pada langsung mau makan bayam kan??

Walaupun bayam menyehatkan dan mudah didapat tetap saja ada beberapa masyarakat yang tidak suka mengonsumsi bayam. Apalagi anak-anak yang tidak suka sayur. Untuk itu harus ada produk olahan bayam agar dapat dikonsumsi bagi yang tidak menyukai bayam. Nah, kira-kira produk apa sih yang bagus?

Keripik adalah produk olahan yang paling digemari masyarakat. Kebanyakan keripik mungkin berasal dari kentang dan singkong. Tetapi bayam juga bisa lhoo dijadikan keripik. Penasaran caranya? Berikut ini adalah cara membuat keripik sayur bayam.

Bahan yang diperlukan :

  1. 500 gram tepung beras
  2. 100 ml santan kental instan
  3. 40 lembar daun bayam raja, cuci bersih
  4. 1 butir telur ayam (opsional)
  5. Garam halus secukupnya
  6. Air secukupnya
  7. 6 siung bawang putih
  8. 3 buah kemiri
  9. 3 cm kencur
  10. 3 lembar daun jeruk
  11. 2 sendok teh ketumbar

Cara membuat keripik sayur bayam:

  • Campur tepung beras dengan santan kental instan. Kemudian masukkan bumbu halus dan aduk rata. Tuangi air sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan yang diinginkan dan tidak ada bagian yang menggumpal lagi. Idealnya adonan cukup encer agar tidak membentuk lapisan tebal di wajan.
  • Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Celupkan bayam ke dalam adonan tepung, kemudian goreng hingga renyah.
  • Angkat keripik bayam yang sudah matang dari penggorengan,kemudian letakkan di atas kertas untuk meniriskan minyaknya.
  • Keripik pun dapat langsung dikonsumsi/dimakan

Jadi itulah cara membuat. So, bagaimana teman-teman ? Ada niat membuat keripik sayur bayam kah? Apalagi bunda yang anaknya  mungkin tidak suka sayur bisa banget nih coba buat keripik sayur bayam. Coba terus yaa moms untuk membuat anaknya makan sayur..

keripik sayur bayam

keripik sayur bayam

– Arjuna Citra Indonesia –