Snack sukun manfaat budidaya
Categories:

Snack Sukun Manfaat Dan Budidaya

Snack Sukun Manfaat Dan Budidaya.Buah Sukun yang bernama latin Artocarpus attilis merupakan buah tropis yang bentuknya sekilas menyerupai buang nangka.Namun buah sukun memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis.Sukun digemari karena bisa diolah menjadi berbagai macam camilan lezat seperti sukun goreng,keripik dan kolak.

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Buah sukun mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya:

  • Karbohidrat kompleks
  • Protein
  • Serat
  • Air
  • Mineral, seperti kalium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor
  • Vitamin, seperti vitamin B, vitamin C, beta karoten, riboflavin, dan niasin

Sekarang kita akan membahas snack sukun manfaat nya pula akan kita bahas baca lebih lanjut ya

1. Sukun goreng

nah yang pertama snack sukun yangudah familiar banget yakni sukungoreng cemilan yang enak karena rasa yang empuk dan garing membuat makanan ini bisa jadi snack atau pun cemilan yang jad rekomendasi buat kalian yang punya buah sukun dirumah

sukun goreng
sumber gambar :indozone

 

Kupas sukun kemudia potong lalu cuci bersih dan sisihkan. Dalam wadah, masukan bumbu, yaki garam, ketumbar, dan bawang putih lalu beri sedikit air. Masukan sukun ke dalam bumbu dan aduk hingga rata. Diamkan kira-kira selama 10 menit agar bumbu meresap dan bagian luar sukun benar-benar gurih nantinya. Panaskan minyak goreng lalu tambahkan margarin ke dalamnya. Jika minyak telah panas, goreng sukun hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : 10 rekomendasi healty food jakarta

 

2,Donat Sukun

nah snack yang kedua ini bisa jadi ide bisnis kalian nih dari buah sukun enak dan rasanya khas sukun membuat makanan ini unik dan pastinya banyak yang tertarik,Yang kalian tau donat bis dikreasikan dengan aneka bahan nah sukun juga salah satunya ada yang mau tau cara buatnya baca berikut ini :

donat sukun
sumber gambar : Tiktak.id

Dalam wadah, campurkan tepung, sukun yang sudah dikukus dan haluskan , gula pasir, ragi, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukan kuning telur dan tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni hingga kalis. Masukan margarin dan garam. Uleni kembali hingga bener-bener kalis. Sisihkan dan istirahatkan adonan selama 30 menit.

tinju adonan dan kempeskan(hilangkan angin).Ambil sedikit adonan lalu bulatkan dan beri lubang di tengahnya.Diamkan selama 15-17 menit hingga adonan mengembang 2 kali lipat

Panaskan banyak minyak goreng donat dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama topping gula halus,parutan keju,dan lainnya sesuai selera.

 

3. Getuk Sukun

snack sukun yang enak selanjutnya adalah getuk sukun getuk ini punya tekstur ynang lembut dan menggunakan toping kelapa yang enak,jajanan ini termasuk jajanan yang sudah jarang dijual dan termasuk snack tradisional.

getuk sukun
sumber gambar : cookpad

 

Kupas sukun potong kecil-kecil kemudian cuci bersih. Kukus sukun sampai empuk. Haluskan sukun, sisihkan. Dalam wadah, campur sukun yang telah dihaluskan, campuran gula, dan pewarna hijau. Aduk hingga rata. Giling adonan getuk dengan alat penggiling khusus getuk. Gulung lalu potong getuk. Sisihkan. Campur semua bahan taburan lalu balur dan taburkan bersama getuk. Siap disajikan selagi hangat

 

4.Bolu Sukun

Kalian baru tau kan kalo sukun bisa dijadiin snack sukun yakni bolu sukun.

Rasa bolu sukun tak kalah enak dengan kue bolu pisang yang biasanya dijual. Yuk, coba buat!

bolu sukun
sumber gambar : cookpad.com

Haluskan sukun yang sudah dikukus, sisihkan. Kocok gula dan telur dengan kecepatan tinggi hingga gula larut, masukan SP, kocok lagi hingga kental berjejak. Masukan tepung dan sukun yang sudah dihaluskan secara bergantian hingga habis, sambil di mixer kecepatan rendah. Masukan susu cair, mixer kembali dengn kecepatan rendah.

Masukan susu cair, mixer kembali dengan kecepatan rendah. Masukan mentega cair dan aduk dengan teknik aduk balik. Tuang ke dalam loyang. Oven dengan suhu 180oC sampai matang.

Baca Juga : Manfaat Dari Susu Almond

Manfaat Buah Sukun

  1. Menurunkan gula darah
  2. Memenuhi kebutuhan diet bebas gluten
  3. mengurangi peradangan
  4. Melindungi kesehatan jantung
  5. Meningkatkan kesehatan mata

 

 

kunjungi wabsite arjuna citra indonesia kalian akan tau banyak tentang produk produk kekinian yangg enak tentunya