Categories:

Tren Makanan Sehat 2021, Ayo Coba !

Tren makanan sehat

Belakangan ini kesadaran orang-orang akan konsumsi makanan sehat makin meningkat mengingat tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat. Berbagai penyakit bisa saja menyerang ketika imunitas tubuh mulai melemah.

Para ahli memperkirakan kebiasaan makan sehat yang dilakukan orang-orang pada tahun 2020 akan berlanjut di tahun 2021. Tujuannya tentu saja guna mencegah tubuh terkena ragam penyakit.

Pandemi secara tidak sengaja telah mengubah gaya hidup sebagian orang. Perubahan ini pun berpengaruh terhadap perubahan pola makan.

Dilansir di laman The Healthy, Ahad (3/1), sebanyak 85 persen orang Amerika melaporkan mengubah kebiasaan makan dan belanja makanan pada 2020. Laporan ini sesuai dengan laporan Survei Makanan & Kesehatan 2020 dari Dewan Informasi Makanan Internasional (IFIC).

Mengingat pandemi masih belum akan berakhir lebih dekat, maka pola makan dan tren makanan sehat pada 2021 pun diprediksi tak akan berubah secara signifikan. Berikut adalah teratas yang diharapkan para ahli  tahun 2020 akan berlanjut hingga 2021.

Lebih sering memasak di rumah

Makan di restoran atau dine in saat ini masih disarankan untuk dihindari untuk menekan penyebaran virus corona. Oleh karena itu, mengirim makanan dari resto dan memasak di rumah menjadi beberapa cara yang digemari masyarakat untuk makan di era pandemi.

Menurut pendiri Nutrition Starring YOU dan penulis The Protein-Packed Breakfast Club, Lauren Harris-Pincus, RDN, dari sudut pandang nutrisi, memasak di rumah memungkinkan orang untuk mengkonsumsi lebih sedikit lemak, natrium, dan gula tambahan.

“Mudah-mudahan, orang-orang akan memperoleh keterampilan memasak dan mencoba makanan baru yang akan terus mereka konsumsi setelah kehidupan di Amerika kembali ke keadaan normal,” jelas dia.

Bumbu masakan yang lebih baik

Melihat kebutuhan bumbu yang bisa ditemukan pada rak-rak toko, sebuah perusahaan asal Amerika berinisiatif untuk meningkatkan kualitas bumbu masakan. Mereka membuatnya lebih sehat dan spesifik. Misalnya dengan menambahkan sertifikasi bebas gluten dan keterangan tidak menggunakan bahan-bahan tambahan buatan.

Pandemi Covid-19 yang berdampak besar membuat masyarakat terbiasa memasak makanannya di rumah. Hal inilah yang kemudian dilihat sebagai peluang untuk mulai mengembangkan bumbu pelengkap yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

Bikin kopi sendiri di rumah

Survei terbaru yang dilakukan perusahaan kopi Melitta menemukan bahwa 45% responden kini menyeduh kopi sendiri di rumah dengan metode baru dibanding pada tahun 2019. Lalu 46% di antara mereka menunjukkan peningkatan keterampilan dalam membuat kopi di rumah.

Selain itu, data Nielsen mengungkap penjualan krimer nabati naik 30% dibanding tahun 2019. Para konsumen muda lebih suka bereksperimen dengan rasa krimer untuk mereplikasi minuman kopi di kafe agar bisa dibuat sendiri di rumah.

Sustainable eating

Sustainable eating tidak memiliki definisi resmi, tetapi secara umum ini melibatkan pemilihan makanan yang sehat untuk tubuh dan lingkungan kita. Ini berarti makanan yang memberikan pola makan seimbang bagi tubuh tetapi juga memfasilitasi pelestarian lingkungan. Berharap untuk melihat lebih banyak tentang makanan yang diproduksi secara lokal, membatasi limbah pakan, memilih daging dan makanan dengan kemasan sustainable.

Kesehatan Mental

Kesehatan mental berhubungan dengan Tren Makanan Sehat 2021 karena ini adalah salah satu masalah pandemi terbesar yang harus kita hadapi pada tahun 2021.

Orang-orang mulai memprioritaskan kesehatan mental mereka, makanan dapat menjadi alat yang ampuh bagi orang-orang yang hidup dengan depresi dan kecemasan karena merupakan kontributor penting untuk fungsi tubuh yang tepat— dan otak tidak berbeda dengan bagian tubuh lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan makan yang buruk, seperti diet tinggi lemak dan tinggi gula, dapat membahayakan otak, mengganggu fungsi normalnya.

Sebaliknya, pola makan yang tepat (dengan vitamin, antioksidan, dan mikronutrien lainnya) menutrisi dan melindungi otak dari stres oksidatif radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak.

Makanan-makanan ‘canggih’

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan membantu perusahaan makanan menciptakan terobosan baru. Contohnya perusahaan teknologi makanan seperti Perfect Day telah menciptakan protein yang sangat mirip dengan protein susu, namun terbuat dari bahan vegan.

Beberapa perusahaan lainnya juga telah mengembangkan banyak produk menarik. Misalnya makanan bebas telur yang sangat mirip dengan makanan yang menggunakan telur sungguhan. Lalu ada NotCo yang fokus membuat susu nonhewani yang mirip sekali teksturnya dengan susu hewani seperti susu sapi.

Sekian informasinya, semoga bermanfaat.

Tren makanan sehat

Artikel ini telah tayang pada : aci-agro.id dengan judul “Tren Makanan Sehat 2021, Ayo Coba !” dengan permalink : : https://aci-agro.id/blog/tren-makanan-sehat-2021-ayo-coba/

One thought on “Tren Makanan Sehat 2021, Ayo Coba !

Comments are closed.