Categories:

Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Divaksin

Pandemi virus corona masih mewabah di sebagian besar negara di dunia. Untuk mencegah penularan dan menghambat gejala berat infeksi virus corona, salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan melakukan vaksinasi massal. Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus dilakukan hingga April 2022.

Dilansir dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kuman memang ada di sekitar kita, baik di lingkungan kita maupun di dalam tubuh kita. Saat seseorang rentan dan mereka menemukan organisme berbahaya, hal itu dapat menyebabkan penyakit, bahkan kematian.

Tubuh memiliki banyak cara untuk mempertahankan diri terhadap patogen (organisme penyebab penyakit). Misalnya, kulit lendir, dan silia (rambut mikroskopis yang memindahkan kotoran dari paru-paru). Semua bagian tubuh ini bekerja sebagai penghalang fisik untuk mencegah patogen memasuki tubuh. Ketika patogen menginfeksi tubuh, pertahanan tubuh kita, yang disebut sistem kekebalan, dipicu dan patogen diserang dan dihancurkan atau diatasi.

Respons alami tubuh

Patogen adalah bakteri, virus, parasit atau jamur yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Setiap patogen terdiri dari beberapa subbagian, biasanya unik untuk patogen tertentu dan penyakit yang ditimbulkannya. Bagian dari patogen yang menyebabkan pembentukan antibodi disebut antigen. Tubuh kita memproduksi antibodi. Saat antibodi diproduksi, tandanya itu sebagai respons terhadap antigen patogen. Oleh karena itu, antibodi adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Kehadiran antibodi ini sering dianggap sebagai tentara dalam sistem pertahanan tubuh manusia. Setiap antibodi di dalam sistem pertahanan tubuh dilatih untuk mengenali satu antigen spesifik. Faktanya, kita memiliki ribuan antibodi yang berbeda dalam tubuh kita. Saat tubuh manusia terkena antigen untuk pertama kalinya, dibutuhkan waktu bagi sistem kekebalan untuk merespons dan menghasilkan antibodi yang spesifik untuk antigen tersebut.

Bagaimana vaksin membantu pertahanan tubuh

Vaksin mengandung bagian yang lemah atau tidak aktif dari organisme tertentu (antigen) yang memicu respons imun di dalam tubuh. Vaksin yang lebih baru berisi “blue print” (menyerupai organisme tertentu) untuk memproduksi antigen daripada antigen itu sendiri. Terlepas dari apakah vaksin terdiri dari antigen itu sendiri atau cetak biru sehingga tubuh akan memproduksi antigen. Perlu diketahui, vaksin yang mengandung organisme yang dilemahkan ini tidak akan menyebabkan penyakit pada orang yang menerima vaksin, tetapi akan mendorong sistem kekebalan mereka untuk merespons sebanyak mungkin

Hal itu akan terjadi pada reaksi pertamanya terhadap patogen yang sebenarnya. Beberapa vaksin memerlukan sejumlah dosis, dengan jarak yang bervariasi. Misalnya berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Tindakan ini terkadang diperlukan untuk memungkinkan produksi antibodi berumur panjang dan pengembangan sel memori. Dengan cara ini, tubuh dilatih untuk melawan organisme penyebab penyakit tertentu, juga membangun memori patogen, sehingga dapat melawannya dengan cepat dan ketika terpapar di waktu ke depannya.

Sekian & Terima kasih.

tubuh ketika divaksin

tubuh ketika divaksin

Artikel ini telah tayang di aci-agro.id dengan judul “Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Divaksin” dengan permalink : https://aci-agro.id/blog/tubuh-ketika-divaksin/

One thought on “Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Divaksin

Comments are closed.