Categories:

Turunkan Kolesterol dengan Olahraga

Dewasa ini gaya hidup sangatlah penting, akan tetapi gaya hidup kekinian ada kecenderungan membuat kita melakukan pola hidup yang kurang baik sehingga menimbulkan beragam efek negatif dalam tubuh, salah satunya kadar kolesterol yang tinggi. Pola hidup dan pola makan tidak teratur dan asupan gizi yang kurang baik memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Memang kolesterol sangat penting perannya dalam tubuh kita, karena menghasilkan beberapa hormon yang dibutuhkan untuk membantu metabolisme, tetapi harus tetap dijaga kadarnya agar jangan sampai terlalu tinggi karena dapat menimbulkan beragam penyakit yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah.

Jika kadar kolesterol sudah tinggi, maka satusatunya cara adalah menurunkannya. Cara paling ampuh yaitu dengan olahraga. Segala jenis olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, tetapi ada beberapa jenis olahraga yang bersifat aerobik dan melibatkan otot secara langsung seperti yoga, lari, renang, dan bersepeda yang dapat menurunkan kolesterol lebih cepat dari olahraga jenis lain. Yoga dapat menurunkan stress dan membuat pikiran lebih rileks sehingga ini dapat menurunkan 14 -15% kadar kolesterol dalam tubuh, sebab tingkat stress yang tinggi membuat pikiran Blovers akan terganggu dan memicu kenaikan kadar kolesterol juga. Selain yoga, ada olahraga jenis lain yang mungkin dapat menjadi pilihan mengingat dari sisi biaya lebih murah atau mungkin gratis, seperti joging dan bersepeda. Olahraga jenis ini mendorong produksi enzim untuk memindahkan kolesterol dari darah ke hati, karena hati adalah proses terakhir untuk mengeluarkan kolesterol.

Semua olahraga tersebut tentunya harus dilakukan secara rutin setiap minggunya. Minimal 4 hingga 5 kali seminggu dan durasi waktu 20 – 30 menit setiap harinya sudah sangat cukup. Tidak perlu dilakukan langsung 30 menit karena mungkin memakan waktu untuk aktivitas sehari-hari, jadi dapat dilakukan secara bertahap dari 10 menit setiap satu kali berolahraga dan dilakukan selama 3 kali dalam sehari.

Disiplin adalah kunci utama untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Disiplin berolahraga secara teratur setiap hari dan tentunya menjaga gaya hidup serta pola makan yang baik adalah syarat utama untuk menurunkan kadar kolesterol serta menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh Blovers. Karena dengan gaya hidup dan pola makan yang baik, tentunya akan berefek positif dan menjaga tubuh tetap sehat sekaligus terhindar dari segala macam jenis penyakit.

Artikel ini telah dipost pada aci-agro.id dengan judul “Turunkan Kolesterol dengan Olahraga” dengan permalink: https://aci-agro.id/blog/turunkan-kolesterol-dengan-olahraga/

One thought on “Turunkan Kolesterol dengan Olahraga

Comments are closed.